Hati-Hati, Talud Utara Jembatan Bacem Ambrol Ancam Jalan Sukoharjo-Solo

Talud sisi barat di sebelah utara Jembatan Bacem, Telukan, Grogol ambrol, Rabu (7/3) sore. Ambrolnya talud mengancam jalur Sukoharjo-Solo.

Sukoharjonews.com (Grogol) – Jalan Raya Sukoharjo-Solo dari arah selatan khususnya di utara jembatan Bacem, Telukan, Grogol terancam putus. Pasalnya, talud penopang jalan tersebut diketahui ambrol. Bahkan, jalan pun mulai ambles karena ambrolnya talud yang ada. Jika tidak segera diperbaiki, amblesnya jalan diperkirakan akan semakin parah.



“Butuh penananganan segera karena material talud yang ambrol juga menutup saluran air. Selain itu, jalan utama menuju Solo Baru juga terancam putus karena sudah ambles,” ujar Camat Grogol Bagas Windaryatno, Kamis (8/3).

Soal ambrolnya sebagaian talud jembatan tersebut, dikatakan Bagas dikarenakan turunnya hujan deras pada Rabu (7/3) sore. Intensitas hujan yang turun cukup tinggi membuat talud tersebut tidak kuat dan sebagian ambrol. Meski hanya sebagian, dikhawatirkan ambrolnya akan meluas dan mengancam jalan utama diatasnya. Selain itu, juga mengancam rumah warga yang ada disamping talud.

Bagas mengaku sudah mengecek lokasi ambrolnya talud tersebut. Untuk jalan diatasnya sendiri, diakuinya beberapa waktu lalu sudah ambles dan diperbaiki. Namun, amblesnya jalan semakin parah karena melebihi setengah badan jalan. Padahal, jalur tersebut merupakan jalur utama menuju Kota Solo dari arah Sukoharjo.

“Untuk jalur satu arah sisi timur yang menuju ke Sukoharjo aman. Yang terancam jalur sisi barat yang merupakan jalur satu arah dari arah Sukoharjo maupun Kabupaten Wonogiri,” ujarnya.

Terkait ambrolnya talud tersebut, Bagas mengaku sudah dikoordinasikan dengan instansi terkait. Harapannya, ambrolnta talud bisa segera ditangani karena mengancam jalan dan juga rumah warga. Terlebih lagi, saat ini potensi turun hujan dengan intensitas tinggi masih ada. Untuk itu, perlu segera dilakukan antisipasi.

“Tanah di lokasi termasuk tanah gerak. Sebelum ambrol sebenarnya sudah ada beberapa kali penambalan untuk jalan yang ambles. Namun, upaya tersebut belum maksimal karena talud terdesak amblesnya jalan dan ambrol,” tambahnya

Terpisah, Kepala DPUPR Sukoharjo Suraji mengatakan, status jalan tersebut merupakan jalan provinsi sehingga wewenang perbaikan talud tersebut juga menjadi wewenang provinsi. Terkait ambrolnya talud di utara jembatan Bacem tersebut, dirinya akan berkoordinasi agar segera ditangani. ”Wewenang ada di pemerintah provinsi dan segera saya koordinasikan,” pungkasnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *