Google Mengumumkan Unit Pemrosesan Tensor Generasi ke-6 dengan Kekuatan Komputasi 4,7 Kali Lebih Banyak

Google Tensor Processing Unit. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Google mengumumkan Tensor Processing Unit (TPU) generasi keenam untuk pusat data, dengan nama kode Trillium, pada Konferensi Pengembang I/O 2024 hari ini. Meskipun tanggal peluncuran spesifiknya belum diumumkan, Google meyakinkan peserta bahwa Trillium akan tersedia akhir tahun ini.


Dikutip dari Gizmochina, Selasa (21/5/2024), CEO Google Sundar Pichai menekankan komitmen jangka panjang Google terhadap inovasi AI, dengan menyatakan, “Google lahir untuk momen ini. Kami telah menjadi pionir dalam GPU selama lebih dari satu dekade.”

Pichai kemudian mengungkapkan peningkatan kinerja Trillium yang mengesankan. Dibandingkan dengan TPU generasi kelima, Trillium menawarkan peningkatan yang mengejutkan sebesar 4,7 kali lipat dalam daya komputasi per chip. Google mencapai hal ini dengan meningkatkan unit perkalian matriks (MXU) chip dan meningkatkan kecepatan clock secara keseluruhan. Selain itu, Trillium mendapat manfaat dari bandwidth memori dua kali lipat.


Trillium menggabungkan teknologi SparseCore generasi ketiga Google, yang digambarkan sebagai “akselerator yang dibuat khusus untuk tugas-tugas umum berskala besar dalam beban kerja pemeringkatan dan rekomendasi tingkat lanjut.” Hal ini memungkinkan Trillium TPU melatih model lebih cepat dan memberikan latensi lebih rendah saat menyajikan model tersebut.

Efisiensi energi adalah fokus utama lainnya bagi Google. Pichai menyoroti Trillium sebagai TPU perusahaan yang “paling hemat energi”. Hal ini sangat penting mengingat permintaan chip AI yang terus meningkat, yang dapat menimbulkan dampak besar terhadap lingkungan. Google mengklaim Trillium menawarkan peningkatan efisiensi energi sebesar 67% dibandingkan generasi sebelumnya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *