Debut Album ‘D-Day’ Suga BTS di No. 2 di Billboard 200

Sugs BTS. (Foto: Yonhap)

Sukoharjonews.com – Suga, anggota raksasa K-pop BTS, telah mencapai No. 2 di chart album utama Billboard 200 dengan album solo full-length pertamanya, “D-Day.” Dia menyamai rekan satu grupnya Jimin, yang mencapai posisi yang sama dengan “Face” bulan lalu, sebagai solois K-pop dengan peringkat tertinggi.


Dilansir dari Yonhap, Selasa (2/5/2023), Billboard mengatakan Senin (waktu A.S.) dalam pratinjau tangga lagu minggu ini bahwa “D-Day” memulai debutnya di No. 2 dengan 140.000 unit album setara, termasuk 122.000 penjualan album fisik. “One Thing at a Time” dari penyanyi Amerika Morgan Wallen menyambar No. 1 kedelapan berturut-turut.

Bagan tersebut memeringkat album paling populer minggu ini di Amerika Serikat, diukur dengan unit album yang setara yang terdiri dari penjualan album fisik dan catatan penjualan digital lainnya.


Seperti banyak perilisan K-pop, edisi CD D-Day diterbitkan dalam paket CD yang dapat dikoleksi, masing-masing berisi kumpulan item standar dan elemen acak. Itu juga tersedia sebagai album unduhan digital standar, serta tiga sampul digital alternatif. varian unduhan yang dijual secara eksklusif melalui toko web resmi artis. Dari penjualan minggu pertama D-Day, 90 persen adalah CD, sedangkan 10 persen sisanya adalah unduhan album digital,” kata Billboard.

Dengan prestasi tersebut, Suga menjadi anggota ketiga band yang mencetak top 10 solo di Billboard 200, setelah RM, yang mencapai No. 3 dengan album solo debutnya, “Indigo,” tahun lalu, dan Jimin.


“D-Day,” dirilis 21 April dengan nama panggung lain Suga Agust D, menandai proyek solo pertama sang rapper dalam tiga tahun sejak “D-2” pada 2020, ketika mixtape tidak resminya dimasukkan, dan album solo resmi pertamanya.

Terdiri dari 10 lagu, termasuk “Haegeum”, lagu prarilis “People Pt.2 (Feat. IU)”, “D-Day”, “Huh?! (Feat. J-Hope)”, “Amygdala”, ” SDL,” “Interlude: Dawn” dan “Snooze (Feat. Ryuichi Sakamoto, Kim Woo-sung dari The Rose).”

Senin malam, Billboard mengatakan di media sosial lagu utama album, “Haegeum,” memulai debutnya di No. 58 di chart lagu utama Hot 100 untuk minggu ini.


Judul lagu memiliki arti ganda, mengacu pada alat musik gesek tradisional Korea dan kata benda Korea yang menandakan pembatasan pencabutan. Melalui judulnya, lagu tersebut mengangkat tema kebebasan, khususnya bagi mereka yang menghadapi berbagai keterbatasan dan kendala dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam masyarakat. Instrumen tradisional haegeum digunakan di trek.

Ini bukan pertama kalinya Suga masuk ke tangga lagu Hot 100. Dia sebelumnya menduduki peringkat No. 76 dengan “Daechwita”, No. 29 dengan lagu “Girl Of My Dreams” dari album “Fighting Demons” oleh mendiang Juice WRLD dan No. 80 dengan “That That”, single kolaborasi dengan South Penyanyi rap Korea Psy. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *