Cara Menghilangkan Lemak Perut Setelah Lebaran

Tips mengecilkan perut buncit.(Foto:Alodokter)

Sukoharjonews.com -Perut rata, perut kencang, dan perut rata adalah dambaan banyak orang. Meskipun tubuh langsing mungkin sulit dicapai tanpa gaya hidup yang ketat dan faktor genetik yang mendukung, ada alasan bagus untuk mengurangi lemak perut—dan hal tersebut lebih berkaitan dengan kesehatan Anda secara keseluruhan dibandingkan dengan penampilan Anda.


Dilansir dari Forbes, Jum’at (12/4/2024), meskipun tidak mungkin untuk mengurangi lemak di area tertentu di tubuh Anda, ada beberapa strategi yang dapat Anda gunakan untuk mengurangi lemak tubuh secara keseluruhan dan juga lemak perut Anda.

1. Usir Ngemil Tengah Malam
Siapa yang belum pernah menemukan semangkuk sereal yang rasanya lebih enak di dini hari dibandingkan setelah matahari terbit? Namun, mungkin lebih baik menutup waktu makan Anda sedini mungkin.

“Penelitian menunjukkan bahwa makan sesuai dengan jam tubuh dan ritme sirkadian alami membantu mengurangi penyimpanan lemak,” kata ahli diet terdaftar Elizabeth Ward, salah satu penulis The Menopause Diet Plan: A Natural Guide to Hormones, Health, and Happiness. “Makan lebih awal di hari ketika tubuh Anda lebih baik dalam memproses makanan akan membantu Anda mengontrol berat badan. Jika Anda membatasi asupan kalori di kemudian hari, akan sulit bagi Anda untuk mencegah penambahan berat badan.”

Dia menjelaskan ini adalah respons hormonal yang terkait dengan insulin, yang bekerja lebih baik dalam membersihkan glukosa dari darah pada hari sebelumnya. Saran Ward? Hentikan ngemil apa pun setelah makan malam.

2. Pertimbangkan Karbohidrat Anda dengan Hati-hati
Meskipun lemak dalam makanan mendapat reputasi buruk selama bertahun-tahun, kemungkinan besar karbohidrat adalah penyebab bertambahnya lingkar pinggang.


3. Terlibat dalam Latihan Kardio dan Kekuatan
Olahraga adalah komponen kunci penurunan berat badan , khususnya pengurangan lemak perut. Kombinasi latihan ketahanan dan aktivitas aerobik akan memberi Anda manfaat paling besar.

Penelitian tentang intensitas dan durasi olahraga yang optimal masih berlangsung, namun titik awal yang baik adalah mengikuti rekomendasi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) yaitu aktivitas aerobik intensitas sedang selama 150 menit (misalnya jalan cepat dan bersepeda santai) atau 75 menit. aktivitas berat (seperti berlari dan bermain bola basket) dalam seminggu, serta setidaknya dua hari aktivitas penguatan otot.


4. Isi Piring Anda Dengan Protein
Memasukkan protein tanpa lemak di piring Anda setiap kali makan membantu Anda merasa kenyang. Usahakan untuk mengonsumsi setidaknya 20 hingga 30 gram protein setiap kali makan dan 10 gram protein setiap kali camilan, rekomendasi Ward. “Orang yang mendapat cukup protein merasa sangat kenyang, dan mereka tidak mencari semua karbohidrat olahan—keripik, kue kering, kue, permen—atau makanan yang mengandung lemak trans seperti kue kering yang biasa Anda beli di toko roti atau kentang goreng, ” dia berkata.

5. Prioritaskan Tidur Yang Nyenyak
Sama seperti tidur malam yang buruk dapat merusak seluruh hari Anda, rekam jejak tidur yang buruk juga dapat mengganggu banyak aspek lain dalam hidup Anda—dan salah satunya mungkin adalah lemak perut.

Sebuah studi di Sleep menemukan bahwa tidur malam kurang dari lima jam secara rutin dikaitkan dengan peningkatan signifikan akumulasi lemak visceral dan subkutan di antara orang dewasa berusia kurang dari 40 tahun.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *