Cara Mengelola Stres Sehari-hari

Tips mengatasi stres sehari-hari. (Foto: Pixabay)

Sukoharjonews.com– Hidup terkadang bisa membuat stres. Dan bukan hanya hal-hal besar saja yang bisa menimbulkan stres . Kerumitan, tuntutan, dan tekanan hidup sehari-hari juga dapat menyebabkan stres.


Dilansir dari Kids Health, Sabtu (2/3/2024), tubuh Anda merespons dengan membuat hormon yang memberikan energi ekstra, fokus, dan kekuatan. Hal ini disebut respons melawan-atau-lari .

Terkadang, sedikit stres bisa menjadi hal yang positif. Ini dapat membantu Anda bekerja dengan baik di bawah tekanan, tepat waktu, atau memenuhi tenggat waktu. Ini dapat mengingatkan Anda akan masalah yang perlu Anda tangani. Itu dapat memotivasi Anda menuju tujuan Anda. Itu dapat mendorong Anda untuk belajar, merencanakan, dan mempersiapkan.


Namun terlalu banyak stres – atau stres yang tidak dapat Anda atasi – menghalangi Anda untuk melakukan dan merasakan yang terbaik. Hal ini dapat melelahkan Anda, menguras energi Anda, dan mempersulit Anda dalam menyelesaikan sesuatu. Terlalu banyak stres dapat membuat Anda merasa rewel, kesal, atau tercerai-berai.

Anda tidak bisa menghindari stres. Namun Anda dapat menetapkan tujuan untuk menjaga tingkat stres sehari-hari tetap rendah. Ketika stres Anda berkurang karena hal-hal sehari-hari, Anda akan lebih mampu menangani tantangan lebih besar yang mungkin Anda hadapi.

Jika Anda ingin lebih baik dalam mengelola stres sehari-hari, berikut sepuluh hal yang dapat membantu Anda:


1. Seimbangkan bekerja dan bermain.
Luangkan waktu untuk mengerjakan tugas dan tujuan Anda (seperti tugas sekolah, pekerjaan rumah, atau latihan). Namun pastikan untuk menyediakan waktu untuk hal-hal yang Anda sukai juga (seperti bermain musik, berolahraga, bermain dengan hewan peliharaan, atau menghabiskan waktu bersama teman). Meskipun hanya beberapa menit, waktu setiap hari untuk bersantai dan memulihkan tenaga dapat menurunkan stres Anda.

2. Rencanakan hari Anda.
Gunakan kalender atau aplikasi perencanaan untuk melacak jadwal harian Anda. Isi waktu kelas Anda, ulangan, dan kapan tugas harus jatuh tempo. Tambahkan aktivitas Anda. Blokir waktu untuk belajar menghadapi ujian dan mengerjakan tugas. Blokir waktu untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai. Memiliki rencana dan rutinitas harian menurunkan stres.


3. Tetap berpegang pada rencana Anda.
Tentu saja perencanaan tidak ada gunanya jika Anda tidak melakukan apa yang Anda rencanakan. Biasakan untuk melihat agenda Anda setiap hari. Periksa apa yang telah Anda lakukan. Bersiaplah untuk apa yang akan terjadi. Buatlah waktu rutin untuk belajar. Terus pantau tugas. Ini menurunkan stres tugas sekolah sehari-hari.

4. Mintalah bantuan saat Anda membutuhkannya.
Tugas sekolah, nilai, dan ujian merupakan sumber stres yang besar bagi banyak orang. Menjaga semuanya tidak selalu mudah. Jika Anda memerlukan bantuan untuk mempersiapkan ujian, merencanakan proyek, atau menyelesaikan sesuatu, mintalah seorang guru, orang tua, tutor, atau mentor untuk melatih Anda. Jika Anda cenderung menunda-nunda, berpasanganlah dengan teman sekelas untuk belajar atau mengerjakan pekerjaan rumah pada waktu yang ditentukan.


5. Gunakan energi positif dari stres.
Jangan menundanya sampai menit terakhir. Itu terlalu membuat stres. Dan sulit untuk melakukan yang terbaik jika Anda sedang terburu-buru. Sebaliknya, biarkan stres memotivasi Anda untuk terus mengerjakan suatu tugas. Jika Anda mempunyai tenggat waktu, berikan dorongan mental positif pada diri Anda. Pikirkan, “Oke, saya punya ini – saya sedang mengerjakannya.” Kemudian lanjutkan dan mulai.

6. Atasi masalah yang muncul.
Jangan abaikan masalah sehari-hari — tapi jangan juga stres karenanya. Sebaliknya, cari tahu cara menanganinya. Jika Anda tidak yakin apa yang harus dilakukan, mintalah bantuan dan saran dari orang lain.(Patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *