Capaian Vaksinasi Kecamatan Grogol Rendah, Komisi 4 Sidak ke Puskesmas Grogol

Komisi 4 DPRD Sukoharjo saat melakukukan sidak di Puskesmas Grogol, Senin (20/9/2021).

Sukoharjonews.com (Grogol) – Capaian realisasi vaksinasi corona di Kabupaten Sukoharjo masih rendah karena untuik dosis 1 baru mencapai 35,21%. Khusus untuk Kecamatan Grogol, realisasi vaksinasi baru mencapai 9,5%. Kondisi tersebut membuat Komisi 4 DPRD Sukoharjo melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Puskesmas Grogol, Senin (20/9/2021).




“Kalau dibandingkan dengan kecamatan lain, realisasi vaksinasi corona di Kecamatan Grogol sangat rendah. Untuk itu kami ingin tahu kendala yang dihadapi sehingga capaian vaksinasi cukup rendah dibandingkan kecamatan lain,” ujar Sekretaris Komisi 4 DPRD Sukoharjo, Sukardi Budi Martono.

Dalam sidak tersebut terungkap capaian realisasi vaksinasi di Kecamatan Grogol rendah karena ada beberapa kendala. Kendala utama yang dihadapi adalah tingginya tingkat kepadatan penduduk di Grogol. Banyaknya jumlah penduduk yang jadi sasaran vaksin otomatis kebutuhan akan vaksin juga banyak.

Selain itu, juga terbatasnya vaksin yang ada saat ini dan juga terbatasnya tenaga kesehatan (nakes) pelaksana vaksinasi. Hal itu dikarenakan selain melakukan vaksinasi di Puskesmas, nakes juga membantuk vaksinasi di sentra-sentra vaksinasi di Sukoharjo. “Meski ada beberapa kendala, kami minta agar vaksinasi di Kecamatan Grogol bisa dipercepat,” ujar Budi.

Wakil Ketua Komisi 4 DPRD Sukoharjo, Agus Sumantri mengatakan untuk mengejar vaksinasi pada angka 61% hingga akhir September sangat berat. Khusus di Kecamatan Grogol, masalah utama yang dihadapi adalah tingginya jumlah penduduk yang ada. “Contoh kasus di Desa Cemani dimana jumlah penduduknya sama dengan jumlah penduduk satu kecamatan, yakni Kecamatan Bulu,” katanya.

Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo, Bejo Raharjo mengatakan, saat ini kiriman vaksin dari pemerintah pusat sangat banyak ke daerah. DKK Sukoharjo siap menambah kuota vaksin ke Puskesmas Grogol untuk menaikkan capaian realisasi vaksinasi.

“Kuota vaksin sudah ditambah dari pemerintah pusat untuk mempercepat realisasi vaksinasi jadi tinggal pelaksanaan vaksinasi saja. Namun, sekali lagi jumlah nakes sangat terbatas,” ujarnya. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed