Box Office: ‘IF’ karya John Krasinski Debut di No. 1 Dengan $35 Juta

IF, dari kiri: Cosmo (suara: Christopher Meloni), Ryan Reynolds, Cailey Fleming, Lewis (suara: Louis Gossett Jr.), 2024. (Foto: Variety)

Sukoharjonews.com – “IF” karya sutradara John Krasinski, sebuah komedi fantasi yang menjanjikan teman khayalan Anda sejak masa kanak-kanak adalah nyata, sedikit di bawah ekspektasi box office dengan USD35 juta. Menjelang akhir pekan, “IF” diperkirakan menghasilkan setidaknya USD40 juta pada akhir pekan pertama peluncurannya.


Dikutip dari Variety, Selasa (21/5/2024), berdasarkan jumlah pemilih pada hari Jumat, sepertinya “IF” akan menghasilkan USD30 juta tetapi proyeksi tersebut direvisi setelah penampilan yang kuat pada hari Sabtu. Penjualan tiket sudah cukup untuk menempati posisi pertama – dan layak untuk film keluarga PG asli – tetapi ini adalah awal yang goyah untuk sebuah film yang biaya pembuatannya USD110 juta dan jutaan lainnya untuk dipasarkan. Organisasi ini mengumpulkan tambahan USD20 juta di luar negeri sehingga total globalnya mencapai USD55 juta.

Kabar baik bagi Paramount Pictures, yang mendistribusikan “IF”, adalah bahwa penonton menyukai film tersebut, sehingga memberikannya nilai “A” pada CinemaScore. Idealnya, film tersebut akan memiliki daya tahan seperti film ramah anak baru-baru ini, termasuk “Migration” dan “Elemental,” yang berhasil mempertahankan penjualan tiket beberapa bulan setelah debut mereka. Namun meski film-film tersebut memiliki landasan yang relatif jelas, “IF” akan bersaing akhir pekan depan dengan film keluarga lainnya, animasi Sony “The Garfield Movie.”


Krasinski menulis, menyutradarai, memproduseri, dan membintangi “IF,” yang mengikuti tetangga yang tinggal di Brooklyn, Cal dan Bea (Ryan Reynolds dan Cailey Fleming) yang memiliki kemampuan untuk melihat teman khayalan orang lain (singkatnya IF). Steve Carell, Matt Damon, Maya Rudolph, Emily Blunt, Bradley Cooper, Jon Stewart dan George Clooney melengkapi pengisi suara IF yang bertabur bintang. Ulasannya beragam (ada 50% di Rotten Tomatoes), dengan Tomris Laffly dari Variety menyebutnya sebagai “kisah anak-anak yang sangat kuno namun dibuat berantakan dan sayangnya tidak mencapai ambisi tematiknya.”

Ini adalah akhir pekan yang suram bagi box office domestik, yang tertinggal hampir 22% dari tahun 2023 dan 42% di bawah titik yang sama pada tahun 2019, menurut Comscore. Pemilik bioskop berharap akan ada pop pada akhir pekan depan seiring dengan dirilisnya film “Furiosa: A Mad Max Saga” yang ditayangkan perdana di Festival Film Cannes, dan “The Garfield Movie” yang telah tayang perdana secara internasional pada akhir pekan depan dengan USD49 juta. Nanti di musim panas, “Deadpool & Wolverine” karya Reynolds dan Hugh Jackman, “Despicable Me 4” karya Universal dan Illumination, serta “Inside Out 2” karya Disney dan Pixar akan mencoba menyelamatkan musim popcorn dan mengisi kursi di multipleks.


“Susunan pemain awal musim panas lemah. Industri sedang menunggu pemain yang berkinerja melebihi ekspektasi dan berhasil keluar,” kata David A. Gross dari perusahaan konsultan film Franchise Entertainment Research. “Kami terus tertinggal dari tingkat box office sebelum pandemi dengan selisih yang besar, dan perbandingan tidak akan menjadi lebih mudah saat kita memasuki jantung musim panas.”

Pendatang baru lainnya, film horor seram Lionsgate “The Strangers: Chapter 1,” menempati posisi ketiga dan melampaui ekspektasi dengan perolehan USD12 juta dari 2.856 bioskop. Film tersebut, yang menargetkan harga awal USD7 juta hingga USD9 juta, menelan biaya USD8,5 juta sehingga memiliki posisi yang baik dalam penayangan teatrikalnya. Meskipun tidak terlalu mengejutkan untuk genre ini, “The Strangers” mendapat kritik dari penonton dan kritikus, yang membebani film tersebut dengan CinemaScore “C” dan mendapatkan skor suram 13% di Rotten Tomatoes.

Yang juga baru di bioskop adalah film biografi Amy Winehouse “Back to Black,” yang menduduki peringkat ke-5 dengan pendapatan buruk sebesar USD2,85 juta dari 2.010 lokasi. Ini adalah awal yang buruk untuk film apa pun yang diputar secara nasional, meskipun Focus Features memperoleh film tersebut di AS dan beberapa wilayah internasional dengan harga kurang dari USD20 juta. “Back to Black” telah meraup USD37 juta di luar negeri.


Sementara itu, film unggulan “Kingdom of the Planet of the Apes” yang tayang pada akhir pekan lalu merosot ke peringkat kedua dengan perolehan USD26 juta dari 4.075 bioskop, turun 55% dari penayangan perdananya. Sejauh ini, babak keempat dari franchise reboot “Apes” Disney dan Abad ke-20 telah menghasilkan USD100,9 juta di dalam negeri dan USD237 juta secara global.

“The Fall Guy” dari Universal, sebuah komedi aksi orisinal yang dibintangi oleh Hollywood lainnya Ryan – Gosling – dan Emily Blunt, menempati posisi No. 4 dengan USD8,4 juta dari 3.845 lokasi pada akhir pekan ketiga peluncurannya. Meskipun mendapat ulasan positif, film ini gagal tayang pada awal musim panas dan sejak itu hanya menghasilkan USD63 juta di dalam negeri dan USD127 juta di seluruh dunia. Studio ini menghabiskan USD140 juta untuk biaya produksi saja, jadi “The Fall Guy” membutuhkan daya tahan yang serius untuk bertahan dan menebus penayangan teatrikalnya.

Di tempat lain, film dokumenter Amazon MGM “The Blue Angels” memperoleh pendapatan sebesar USD1,325 juta dari 268 layar Imax secara global — dengan rata-rata USD5,774 per lokasi. JJ Abrams dan bintang “Top Gun: Maverick” Glen Powell memproduksi film non-fiksi, yang hanya diputar di Imax dan menceritakan satu tahun di kokpit dengan salah satu tim penerbang top dunia — skuadron penerbangan Angkatan Laut dan Korps Marinir — melalui mereka pelatihan intensif dan pertunjukan tur udara. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *