Box Office: ‘Creed III’ Membuat Rekor Waralaba dengan Debut Besar USD58 Juta

‘Creed III’. (Foto: Variety)

Sukoharjonews.com – “Creed III” muncul sebagai pemenang di box office dengan debutnya yang mengesankan senilai USD58,7 juta, menetapkan rekor franchise sambil mencopot juara tangga box office Amerika dua kali “Ant-Man and the Wasp: Quantumania.” Film ini dimulai secara internasional dengan USD41,8 juta, menjadikan penghitungan globalnya menjadi USD100,4 juta.


Dilansir dari Variety, Senin (6/3/2023), capaian itu juga merupakan kemenangan besar bagi pemilik bioskop, yang mengandalkan keberuntungan untuk melanjutkan pada bulan Maret dengan rilis mendatang “Scream VI,” “Shazam: Fury of the Gods” dan “John Wick: Chapter 4.” Penjualan tiket keseluruhan adalah 37% di atas titik yang sama pada tahun 2022, menurut Comscore.

Menuju akhir pekan, “Creed III” diproyeksikan menghasilkan USD36 juta hingga USD40 juta, yang sudah cukup untuk membuat rekor baru untuk seri tersebut. “Creed” pertama, yang meluncurkan kembali film “Rocky” yang berusia puluhan tahun pada tahun 2015, menghasilkan USD29,6 juta, sedangkan sekuelnya pada tahun 2018 “Creed II” dibuka dengan USD35,5 juta.


Tapi angsuran ketiga, disutradarai oleh bintang serial Michael B. Jordan dalam debut pembuatan filmnya, mendapat dorongan dari ulasan bintang dan skor penonton yang kuat. Pembeli tiket awal, yang memberikan film tersebut “A-” CinemaScore, adalah 63% laki-laki sementara 55% berusia antara 18 dan 34 tahun. Film ini menghasilkan penonton yang beragam, karena 23% berkulit putih, 28% Latino, 36% adalah orang kulit hitam dan 13% adalah orang Asia, menurut data PostTrak.

“Creed III” juga mendapat keuntungan dari tiket Imax yang lebih mahal (38% bisnis besar berasal dari layar format besar premium), serta jumlah pemilih yang lebih baik dari perkiraan pada hari Jumat dengan USD22 juta saja.

“Michael melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam meluncurkan film ini dan, dengan melakukan itu, menawarkan bukti lebih lanjut bahwa box office telah kembali dan siap untuk mendukung daftar yang kuat dan terdiversifikasi tahun ini,” kata CEO Imax Rich Gelfond.


“Creed III” yang dianggarkan USD75 juta adalah film termahal dalam trilogi (pendahulunya masing-masing menelan biaya USD35 juta dan USD50 juta), tetapi analis box office optimis dengan pertunjukan teatrikalnya.

Jordan membintangi film itu sebagai juara kelas berat Adonis Creed, putra legenda tinju Apollo Creed, bersama Jonathan Majors sebagai teman masa kecilnya yang berubah menjadi saingan. Ini adalah entri pertama dalam seri yang sudah berjalan lama tanpa Sylvester Stallone, yang memulai peran Rocky Balboa dan kembali dalam spin-off sebagai mentor Adonis. Ketidakhadirannya tampaknya tidak memengaruhi penjualan tiket.

“Setelah enam ‘Rockys’ dan dua ‘Creeds’ sebelumnya, ceritanya terus beresonansi dan bisnis meningkat – ini mengesankan,” kata David A. Gross, yang menjalankan firma konsultan film Franchise Entertainment Research. “Akhir pekan seperti ini adalah kabar baik bagi industri.”


Ini adalah akhir pekan yang besar bagi Majors, yang membintangi film No.1 dan No.2 di box office domestik. Di tempat kedua, petualangan superhero Marvel “Ant-Man and the Wasp: Quantumania” mengumpulkan sekitar USD12 juta dari 3.825 tempat, menandai penurunan 61%. Sejauh ini, film tersebut — yang dipimpin oleh Paul Rudd dengan judul Avenger — telah menghasilkan USD186 juta di Amerika Utara, melampaui “Ant-Man” asli, yang mengakhiri pertunjukan bioskopnya dengan USD180 juta di Amerika.

Kemungkinan juga akan melampaui sekuel 2018 “Ant-Man and the Wasp”, yang meninggalkan bioskop Amerika Utara dengan USD216 juta.


Namun secara global, “Quantumania” hanya menghasilkan USD420 juta dan mungkin akan berakhir sebagai film “Ant-Man” berpenghasilan terendah. Film pertama menghasilkan USD519 juta secara global sementara tindak lanjutnya mengumpulkan USD622 juta secara global. Pada tingkat ini, threequel yang diulas dengan buruk akan berjuang untuk mencapai angka USD500 juta, sebuah pencapaian yang biasanya menjadi jaminan bagi Marvel.

Di No. 3, komedi horor Universal “Cocaine Bear” menambahkan USD11 juta dari 3.571 bioskop pada akhir pekan kedua perilisannya, turun 53% dari debutnya. Petualangan hewan yang berlumuran darah, disutradarai oleh Elizabeth Banks dan dibintangi oleh beruang (Anda dapat menebaknya) kokain, telah meraup USD41 juta hingga saat ini. Di luar negeri, “Cocaine Bear” telah mengumpulkan USD10 juta dengan total global USD52 juta. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *