Ragam  

Berhasil Kembangkan Kelapa Genjah, Bupati Sukoharjo Terima Golden Certificate Award dari Kementan

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani menerima Golden Certificate Award dari Kementan terkait pengembangan kelapa genjah.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Karena berhasil mengembangkan kelapa genjah, Bupati Sukoharjo, Etik Suryani menerima penghargaan Golden Certificate Award dari Kementerian Pertanian (Kementan). Penghargaan ini diberikan atas keberhasilan sebagai Pemerintah Daerah dengan pengembangan kelapa genjah terbaik.


Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sukoharjo, Bagas Windaryatno mengatakan bahwa penghargaan tersebut diterimanya di Kantor Kementan, Jakarta, Minggu (14/8/2022). Pemerintah Daerah Kabupaten Sukoharjo dinilai berhasil atas pengembangan kelapa genjah terbaik.

“Bupati dan aparatur dibawahnya mampu menyediakan lahan untuk pengembangan kelapa genjah seluas 1.000 hektar,” jelas Bagas, Senin (15/8/2022).

Lebih lanjut Bagas mengatakan, karena kesiapan dan keseriusan Pemerintah Daerah dan petani, oleh Kementerian Pertanian alokasi bantuan bibit kelapa genjah bertambah. Semula disiapkan 55.000 bibit, ditambah lagi kesiapan dalam pencanangan penanaman kelapa genjah oleh Presiden Jokowi, bantuan bibit kelapa genjah kemudian naik menjadi 110.000 batang.

“Karena kesiapan Pemerintah Daerah, dinaikan 2 kali lipat oleh Kementan bantuan bibitnya,” ungkap Bagas.


Setelah ini, lanjutnya, Pemkab Sukoharjo akan langsung menindaklanjuti program penanaman kelapa genjah. Yang pertama yakni dengan melakukan monitoring dan evaluasi penanaman kelapa genjah. Kemudian, melakukan pendampingan dan pembinaan bersama Kementan. Selain itu, juga melakukan penanaman tanaman sela, baik itu jagung, apokat, dan kedelai.

“Tanaman sela, tergantung minat dari petaninya apa, nanti kita dampingi. Target selesai tanam kepala genjah sampai akhir tahun ini. Bibit datang langsung tanam,” jelas Bagas.

Ditegaskan Bagas, pengahargaan ini diberikan supaya Pemerintah Kabupaten Sukoharjo untuk lebih termotivasi menjalankan program industrialisasi kelapa genjah. Bahkan, Presiden sudah menegaskan ke Menteri Pertanian terkait industrialisasi kelapa genjah ini.

“Nantinya akan ada 10 unit produksi kelapa genjah di Sukoharjo,” pungkasnya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.