Bawa Rombongan Murid SD, Bus PO Frizha Ludes Terbakar

Bus PO Frizha yang membawa rombongan siswa SD dari Sidoarjo, Jatim ludes terbakar di Jalan Raya Solo-Yogyakarta tepatnya di Desa Tempel, Gatak,, Sukoharjo Rabu (20/12)

Sukoharjonews.com (Gatak) – Nasib nahas dialami bus parisiwisata PO Frizha dengan nomor polisi (nopol) W 7885 UY. Bus warna hijau tersebut tengah membawa rombongan dari SD Wangkal, Kecamatan Krembung, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Namun, bus tiba-tiba mengeluarkan api dan terbakar di jalan Raya Solo-Jogja tepatnya di Desa Tempel, Kecamatan Gatak, Sukoharjo, Rabu (20/12) sekitar pukul 06.00 WIB tadi. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Salah satu penumpang bus, pembina SD Wangkal Muhammad Irfan mengatakan, rombongan tersebut berniat melakukan pariwisata dengan tujuan Yogyakarta. Irfan mengaku berangkat dari Wangkal, Krembung sejak Selasa (20/12) pukul 21.00 WIB.”Selama perjalanan tidak ada yang aneh. Namun, setelah sampai lokasi Desa Tempel, Gatak, murid-murid merasakan bau asap,” ujarnya.

Pada saat itu, kata Irfan, ada pengguna jalan yang lain memberikan peringatan jika di bagian belakang bus terdapat percikan api. Selain itu, rombongan dalam bus juga mengingatkan sopir terkait adanya percikan api tersebut. Akhirnya bus menepi dan diparkir di dekat Kantor Desa Tempel, Gatak, Sukoharjo. Begitu berhenti, semua penumpang lantas keluar dari bus. Awal bus sendiri sempat berusaha melakukan pemadaman api, tapi api sudah terlanjur besar sehingga membakar bus.



Ketika api membakar bus, murid SD dan rombongan kemudian diamankan di Kantor Desa Tempel. Beberapa barang–barang yang ikut terbakar diantaranya adalah tas, handphone karena tidak sempat diturunkan. Namun, Irfan bersyukur tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Untuk selanjutnya, rombongan lantas menunggu bus pengganti agar bisa melanjutkan perjalanan ke Yogyakarta.

Sedangkan Kepala Bidang (Kabid) Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol PP Sukoharjo Margono mengatakan, penyebab kebakaran diduga berasal dari korsleting AC pada bus tersebut. Korsleting tersebut lantas menimbulkan percikan api yang lantas membakar bagian belakang dan merembet ke seluruh bus. “Awalnya ada pengendara sebuah mobil pikap yang mengigatkan kalau di bagian belakang bus muncul percikan api,” ungkapnya.

Margono mengaku, proses pemadaman tersebut melibatkan unit Damkar dari tiga daerah. Selain dari Sukoharjo, mobil pemadam kebakaran juga berasal dari Kabupaten Boyolali dan Kota Solo. Pemadaman sendiri tidak berlangsung lama karena kurang dari setengah jam api sudah bisa dipadamkan.

Sementara itu, Kapolsek Gatak AKP Yulianto mengatakan, terkait kebakaran bus PO Frizha tersebut langsung ditangani Unit Lantas. Bus itu sendiri diketahui membawa rombongan siswa SD dari Sidoarjo, Jatim yang hendak berwisata ke Yogyakarta. ”Rombongan menunggu bus pengganti, sedangkan untuk yang terbakar langsung dievakuasi,” ujarnya. (erlano putra)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed