Ragam  

Bantuan Rumah untuk Warga Desa Dalangan Korban Rumah Hanyut, DPUPR Siapkan Desainnya

Abrasi Sungai Bengawan Solo di Dukuh Dliyun, Desa Dalangan, Kecamatan Tawangsari, Sukoharjo.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Bupati Sukoharjo menjanjikan membantu pembangunan rumah untuk korban rumah hanyut di Desa Dalangan, Kecamatan Tawangsari akibat abrasi sungai Bengawan Solo. Untuk menindaklanjuti hal itu, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sukoharjo pun menyiapkan desain rumahnya.


“Kami mulai membuat desain rumahnya, kalau soal tempatnya sudah ada sesuai yang ditunjukkan pada Bupati saat cek lokasi,” ungkap Kepala DPUPR Sukoharjo, Sutopo Dwi Atmojo, Rabu (8/3/2023).

Bowo mengaku sudah menyiapkan tim untuk membuat desain rumahnya, termasuk melakukan pemetaan tata letak dari rumah yang akan dibangun nantinya.

“Sesuai instruksi Bu Bupati, desain akan kami siapkan dan setelah jadi kami sinergikan dengan Baznas untuk memulai pembangunan,” ujarnya.


Bowo mengaku, nantinya rumah yang akan dibangun adalah rumah yang sehat dan layak huni meski sederhana. Kalau untuk tenaga kerja, nantinya kemungkinan akan dikerjakan secara gotong royong.

Seperti diketahui, Bupati Sukoharjo, Etik Suryani menjanjikan membantu membangun rumah untuk pasutri Triyono-Untari yang menjadi korban rumah hanyut akibat abrasi Sungai Bengawan Solo di Desa Dalangan, Tawangsari.

Agar kasus serupa tidak terulang kembali, Bupati juga meminta Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) untuk segera bertindak. Pasalnya, abrasi yang terjadi terus meningkat dari tahun ke tahun. Jika tidak segera ditangani, dikhawatirkan rumah warga lain juga akan bernasib serupa. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *