Ayo Makan Ikan, Ikan Dapat Meningkatkan Kecerdasan Anak Lho

Ketua TP PKK Sukoharjo Etik Suryani (kiri) dan Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Netty Harjianti saat memberikan nilai dalam lomba masak bertema ikan.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sukoharjo menggelar lomba masak ikan dengan menu keluarga, Jumat (13/4). Selain itu, juga digelar bazar produk olahan ikan. Kegiatan tersebut dilakukan Dinas Pertanian dan Perikanan dalam rangka kampante Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Kegiatan diikuti 24 peserta dari TP PKK tingkat desa/kalurahan.



Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo Netty Harjianti mengatakan, apa yang dilakukan dinas tersebut sebagai upaya dari pemerintah untuk memperkenalkan keanekaragan masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat. Selain itu, dapat meningkatkan keterampilan memasak dan sekaligus menyebarluaskan informasi tentang olahan masakan berbahan baku ikan.

“Perlu dipahami jika ikan kaya akan kandungan gizi serta bermanfaat bagi kesehatan dan meningkatkan kecerdasan anak,” ujar Netty.

Netty juga mengatakan, dalam kegiatan itu pihaknya juga menggandeng TP PKK Kabupaten. Dalam kesempatan itu, Ketua TP PKK Sukoharjo yang juga Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) Sukoharjo Etik Suryani
bertindak sebagai juri. Dikatakan Etik, lomba tersebut merupakan bentuk dukungan pemerintah daerah terhadap program nasional Gemarikan.

“Melalui perlombaan ini, secara tidak langsung para ibu-ibu PKK akan menerapkan mengkonsumsi makanan dengan menu olahan ikan dan non beras meski hanya dalam satu hari. Kedepannya diharapkan, mereka mampu mengajak warga disekitarnya untuk meningkatkan mengkonsumsi makan ikan,” ujarnya.

Dia berharap, melalui perlombaan itu ibu-ibu PKK mampu memunculkan variasi menu makanan baru sehingga dapat lebih meningkatkan konsumsi ikan dan mengolah menjadi kreatif. Apalagi, budidaya ikan lokal dengan memanfaatkan lahan pekarangan yang minim sudah mulai diterapkan oleh PKK. Selain itu di lahan pertanian Kabupaten Sukoharjo tidak hanya untuk ditanami padi saja, namun juga beraneka ragam bahan pokok lain seperti jagung, ketela pohon, dan lainnya.

Lebih lanjut Etik menambahkan, dengan meningkatnya konsumsi ikan, berarti akan mendorong peningkatan produksi dan pemasaran. Hal itu berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat yang sudah membudidayakan ikan dilahannya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.