‘Avatar: The Way of Water’ Capai USD1 Miliar Secara Global, Rilis Tercepat 2022 yang Capai Pencapaian Box Office

Avatar: The Way of Water. (Foto: Variety)

Sukoharjonews.com – “Avatar: The Way of Water” telah melampaui USD1 miliar dalam tiket global hanya dalam 14 hari, menjadi film tercepat tahun ini yang melewati pencapaian box office. Secara total, hanya tiga film yang dirilis pada tahun 2022 yang berhasil melampaui angka miliaran dolar.


Dilansir dari Varoety, Kamis (29/12/2022), tiga film tersebut adalah “Top Gun: Maverick” (yang membutuhkan waktu 31 hari untuk melewati tolok ukur) dan “Jurassic World Dominion” (yang memakan waktu lebih dari empat bulan). Sebagai perbandingan, sembilan film yang dirilis pada 2019 melampaui USD1 miliar di seluruh dunia.

“The Way of Water” adalah yang tercepat sejak “Spider-Man: No Way Home” tahun 2021, yang memakan waktu 12 hari. Hanya enam film dalam sejarah yang menghasilkan $1 miliar dalam dua minggu pertama perilisannya.

Sekuel James Cameron yang telah lama tertunda untuk “Avatar” dibuka pada pertengahan Desember dengan USD134 juta di Amerika Utara dan USD435 juta secara global, dan itu tetap menjadi daya tarik besar pada hari-hari sejak dirilis. Sejauh ini, film Disney dan Abad ke-20 telah menghasilkan USD317,1 juta di Amerika Utara dan USD712,7 juta di luar negeri, menjadikan penghitungan globalnya menjadi USD1,025 miliar.


Hal itu melampaui “Jurassic World Dominion” sebagai film berpenghasilan kotor tertinggi kedua tahun ini, dan tertinggi ketiga di era pandemi.

“Avatar 2” tampaknya akan tetap kuat di tahun baru. Cameron memperkirakan film yang dianggarkan USD350 juta (tidak termasuk setidaknya USD100 juta dalam biaya pemasaran) perlu menghasilkan sekitar USD2 miliar untuk mencapai titik impas, meskipun analis yakin ambang profitabilitas mungkin mendekati USD1,5 miliar.

Ada banyak hal yang mendukung “The Way of Water”, bukan hanya karena harganya yang mahal, tetapi juga karena ini adalah yang pertama dari tiga tindak lanjut yang direncanakan dalam serial dunia lain Cameron.


“Avatar” asli dirilis pada tahun 2009 dan berdiri sebagai rilis berpenghasilan kotor tertinggi dalam sejarah dengan USD2,97 miliar di seluruh dunia. Film lanjutan, yang tiba di layar lebar 13 tahun kemudian, akan berjuang untuk mendekati ketinggian itu karena box office global belum sepenuhnya pulih dari pandemi. Selain itu, China, pasar teater utama, sedang mengalami kebangkitan virus dan Rusia, wilayah besar lainnya, tidak akan memiliki akses ke film tersebut.

Bintang “Avatar” Sam Worthington, Zoe Saldaña dan Sigourney Weaver kembali untuk sekuelnya, yang mengikuti keluarga Sully saat mereka menuju ke bawah air untuk melawan unsur-unsur dan menjaga keamanan Na’vi dari manusia. Anggota pemeran lainnya termasuk Stephen Lang, Kate Winslet, Edie Falco dan Jemaine Clement. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *