Armada Pengangkut Sampah Masih Kurang

Belum idealnya jumlah armada truk pengangkut sampah membuat pengangkutan sampah ke TPA menjadi agak tersendat. Saat ini hanya 13 unit armada yang beroperasi.

Sukoharjonews.com – Volume sampah yang dihasilkan masyarakat terus naik dari tahn ke tahun. Disisi lain, jumlah armada truk pengangkut sampah mendesak dilakukan penambahan. Pasalnya, saat ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukoharjo hanya hanya memiliki 13 unit dari total kebutuhan ideal 25 unit truk pengangkut sampah.

“Kekurangan armada truk pengangkut sampah berdampak pada proses pengangkutan sampah dari Tempat Pembuangan Sementara (TPS) ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Mojorejo, Bendosari menjadi lebih lama,” jelas Kepala DLH Sukoharjo Djoko Sutarto, Senin (18/9).

Dikatakan Djoko, kekurangan truk pengangkut sampah sudah terjadi sejak lama. Saat ini, total armada yang dimiliki DLH Sukoharjo 18 unit truk pengangkut sampah. Dari jumlah tersebut, lima unit diantaranya rusak dan tidak bisa dipakai sehingga hanya 13 unit yang digunakan untuk mengangkut sampah saat ini.

Idealnya, lanjut Djoko, jumlah armada truk pengangkut sampah sebanyak 25 unit. Untuk itu, kekurangan sebanyak 12 unit truk sampah diharapkan bisa segera direalisasikan. Pemenuhan kekurangan kebutuhan truk pengangkut sampah dikatakan Djoko tidak harus seketika. Pemkab Sukoharjo bisa melakukannya secara bertahap. Sebab, butuh biaya besar untuk membeli truk pengangkut sampah.

“Penambahan armada truk pengangkat sampah sangat mendesak untuk memenuhi kebutuhan ideal. Kami harap bisa secepatnya direalisasikan,” paparnya.

Djoko menambahkan, jumlah TPS di Sukoharjo yang terdata sebanyak 100 titik. Belum TPS liar yang saat ini marak. Terbatasnya jumlah truk pengangkut sampah juga membuat petugas harus bekerja keras. Sebab, dalam satu TPS petugas butuh waktu lebih dari sekali pengakutan. Kondisi tersebut membuat pengangkutan sampah ke TPA menjadi lebih lama. (erlano putra)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.