Apa Perbedaan Antara Jeruk Nipis dan Lemon? Simak Berikut ini

Perbedaan jeruk dan lemon.(Foto:Disway)

Sukoharjonews.com – Lemon dan jeruk nipis adalah buah jeruk yang sangat populer dan dinikmati dengan berbagai cara di seluruh dunia, baik sebagai hiasan, hidangan gurih, makanan penutup, atau minuman. Mereka sangat erat kaitannya dan memiliki banyak kesamaan nilai gizi.


Dilansir dari WebMD, Kamis (04/4/2024), yang perlu diketahui tentang perbedaan antara lemon dan jeruk nipis, cara memasukkannya ke dalam makanan Anda, kelebihan dan kekurangan masing-masing lemon, dan cara menikmatinya.

Apa itu Jeruk Nipis?
Terdapat beberapa spesies dan hibrida pohon dan semak dalam keluarga jeruk nipis (Rutaceace), dan sebagian besar tumbuh di daerah beriklim tropis dan subtropis. Salah satu yang paling umum di toko adalah jeruk nipis Persia, buah keras berwarna hijau muda yang ukurannya sedikit lebih kecil dari lemon pada umumnya. Jeruk nipis (juga disebut jeruk nipis Meksiko) dan jeruk nipis Kafir juga populer. Ini adalah bahan utama dalam chutney dan acar dari daerah tertentu, dan jusnya sering digunakan untuk memberi rasa pada minuman, makanan, dan manisan.

Jeruk nipis liar mungkin berasal dari Indonesia atau daratan Asia, dibawa oleh pedagang (bersama dengan lemon) dari India ke Mediterania dan Afrika sekitar tahun 1000 Masehi. Mereka kemungkinan besar menyebar ke bagian lain Mediterania dan Eropa dengan kembalinya Tentara Salib pada abad ke-12 dan ke-13. Sejak itu mereka telah digunakan sebagai sumber vitamin C, terutama pada pelayaran laut yang jauh untuk mencegah penyakit kudis .


Apa Itu Lemon?
Seperti halnya jeruk nipis, ada beberapa jenis jeruk nipis yang tumbuh di pohon kecil atau semak. Rasanya biasanya asam atau sepat. Mereka cenderung memiliki kulit lebih kuning dibandingkan jeruk nipis. Lemon sering kali digunakan untuk menambah cita rasa daging, ikan, atau sayuran, atau Anda dapat menggunakannya untuk memberi rasa pada minuman (seperti limun) atau kue kering dan makanan penutup.

Lemon diperkenalkan ke Spanyol dan Afrika Utara sekitar tahun 1100 M. Selain jeruk nipis, mereka dibawa ke seluruh Eropa oleh Tentara Salib. Pohon lemon selalu hijau dan tumbuh subur di suhu yang lebih sejuk dibandingkan pohon jeruk nipis, dan ditemukan di iklim yang lebih sejuk.

Lemon berbentuk oval, dan kulitnya terlihat dipenuhi kelenjar minyak. Biasanya berukuran lebih besar dari jeruk nipis tetapi lebih kecil dari jeruk manis.

Apa Manfaat Nutrisi dari Jeruk Nipis dan Lemon?
Jeruk nipis dan lemon kaya akan vitamin C. Nutrisi penting ini penting dalam mendukung sistem kekebalan tubuh Anda dengan meningkatkan produksi sel darah putih dan bertindak sebagai antioksidan, melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin C juga telah terbukti mengurangi munculnya kerutan dan penuaan kulit. (patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *