Anak Cacingan? Atasi dengan Cara Berikut

Mengatasi cacingan pada anak.(Foto: merdeka)

Sukoharjonews.com – Ada banyak jenis cacing yang bisa memengaruhi manusia dan menyebabkan masalah kesehatan pada anak-anak di seluruh dunia, termasuk cacing kremi, cacing tambang, cacing gelang, cacing cambuk, dan cacing pita. Cacing-cacing ini paling sering ditemukan di daerah dengan tingkat kepadatan penduduk yang tinggi dan fasilitas kebersihan dan sanitasi yang buruk.


Sangat penting untuk segera mengobati infeksi cacing setelah tanda dan gejala infeksi mulai bermunculan. Dikutip dari Yesdok, pada Selasa (25/6/2024), berikut cara mengatasi cacingan pada anak:

1. Kebersihan Diri
Tetap bersih sangat penting dalam pengobatan dan pencegahan cacingan. Anak-anak harus diajarkan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun dan air bersih setiap kali mereka pergi ke kamar mandi dan sebelum makan. Terakhir, Anda dapat mengurangi kemungkinan telur cacing menempel di bawah kuku anak dengan memotong kuku mereka secara teratur.

2. Kebersihan Lingkungan
Tempat tinggal anak harus dibersihkan untuk mencegah infeksi ulang. Selalu bersihkan perabotan, mainan, dan permukaan lainnya yang sering disentuh anak dengan desinfektan. Secara teratur cuci pakaian dan seprai, dan gunakan air panas untuk membunuh telur cacing.


3. Kebersihan Pakaian
Untuk mencegah penyebaran telur cacing, pastikan anak tidur dengan pakaian dalam yang bersih dan tidak tidur tanpa pakaian dalam setiap hari.

4. Penggunaan Obat Cacing
Pengobatan utama untuk cacingan adalah pemberian obat cacing. Mebendazole, albendazole, dan pyrantel pamoate adalah beberapa obat yang paling umum digunakan untuk mengobati cacingan karena mereka membunuh cacing dalam tubuh tanpa membahayakan pasien. Obat cacing biasanya diberikan dalam satu dosis dan diulang setelah dua minggu untuk memastikan semua cacing dan telurnya mati.

5. Pencegahan Penyebaran
Untuk mencegah infeksi cacing menyebar dari satu orang ke orang lain melalui kontak langsung atau tidak langsung, semua anggota keluarga harus diobati secara bersamaan.


6. Menghindari Kebiasaan Buruk
Untuk menghindari tertelan telur cacing, anak-anak harus diajarkan untuk menghindari memasukkan tangan ke dalam mulut atau menggigit kuku.

Demikian beberapa tips mengenai cara mengatasi cacingan pada anak. Semoga bermanfaat.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *