Amalkan Doa Ini Agar Anda Terhindar dari Penyakit

Doa terhindar dari penyakit.(Foto: pojoksatu)

Sukoharjonews.com – Sehat adalah nikmat yang paling berharga dari Allah SWT. Akan tetapi, ada kalanya manusia menghadapi berbagai penyakit yang bisa mengancam kehidupan atau tidak. Dalam hal ini, yang dimaksud dengan tidak mengancam hidup adalah penyakit yang tidak berbahaya dengan tidak mengancam kesehatan. Penyakit sendiri adalah keadaan seseorang dimana jiwa dan raganya sedang diuji. Berikut doa agar dijauhkan dari penyakit wabah.


Dikutip dari Bincang Syariah, pada Kamis (25/4/2024), terdapat shalawat yang dianjurkan untuk kita baca dan amalkan, di antaranya adalah shalawat dawa’ berikut;

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّد بِعَدَدِ كُلِّ دَاءٍ وَ دَوَاءٍ وَ بَارِكْ وَ سَلِّمْ عَليهِ وَعَلَيْهِمُ

Allohumma sholli wa sallim ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala ali sayyidina muhammad bi ‘adadi kulli da-in dawa-in wa barik wa sallim ‘alaihi wa ‘alaihimus salam.

Ya Allah, limpahkan rahmat atas junjungan kami Nabi Muhammad dan atas keluarga junjungan kami Nabi Muhammad dengan sejumlah bilangan seluruh penyakit dan obat. Dan berilah keberkahan dan keselamatan kepadanya dan keluarganya.


Disebutkan bahwa shalawat dawa’ ini memiliki sejumlah keutamaan. Ibnu Watiniyah dalam bukunya Kumpulan Shalawat Lengkap menyebutkan bahwa di antara keutamaan dan fadhilah shalawat ini adalah untuk menangkal dan terlindung dari penyakit, seperti demam dan lainnya. Karena itu, jika kita ingin senantiasa sehat dan terhindar dari penyakit, maka hendaknya kita memperbanyak membaca shalawat ini.

Doa Penghilang Penyakit

Selain shalawat di atas, dianjurkan juga membaca doa penghilang dari penyakit. Doa ini agar kita dapat terhindar dari penyakit. Ini doa memohon kesehatan dan keselamatan.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي دِينِي وَدُنْيَايَ وَأَهْلِي وَمَالِي

Artinya: “Ya Allah, aku mohon kepada-Mu kesehatan di dunia dan akhirat. Ya Allah, aku mohon kepada-Mu ampunan dan kesehatan dalam agamaku, dunia, keluarga, dan hartaku.” (HR. Muslim).


Kedua, doa memohon perlindungan dari berbagai penyakit. Doa ini juga bisa juga bisa dibaca;

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ وَفُجَاءَةِ سَخَطِكَ وَسَيِّئِ قَضَائِكَ

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari hilangnya nikmat-Mu, berubahnya kesehatan-Mu, datangnya kemurkaan-Mu secara tiba-tiba, dan dari keburukan ketetapan-Mu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Ketiga, adanya doa memohon kesembuhan dari penyakit:

اللَّهُمَّ اشْفِني وَأَنْتَ الشَّافِي لا شَافِيَ إِلَّا أَنْتَ شِفَاءً لا يُغَادِرُ سَقَمًا

Artinya: “Ya Allah, sembuhkanlah aku, Engkaulah Maha Penyembuh. Tidak ada yang dapat menyembuhkan kecuali Engkau dengan kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit.” (HR. Bukhari).(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *