Alva One, Motor Litrik Produk Indonesia, Cek Spesifikasi dan Harganya

Alva One, Skuter Listrik produk Indonesia. (Foto: Warungasep)

Sukoharjonews.com (Jakarta) – Ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) menjadi tempat pabrikan lokal Indonesia memamerkan produk motor listriknya. Salah satunya adalah Alva One, sebuah maxi skuter listrik yang hadir dengan beragam fitur modern dan juga spek yang menggiurkan. Bahkan, motor listrik produk Indonesia ini dibanderol dengan harga yang cukup kompetitif.


Dikutip dari Warungasep, Sabtu (13/8/2022), Alva One merupakan produk asli Indonesia yang diproduksi oleh PT Ilecta Motor Group (IMG). Produk Alva One sendiri merupakan motor listrik yang menghadirkan fitur dan spesifikasi yang kekenian.

Untuk desain, Alva One ini mengusung konsep maxi skuter listrik. Dimensinya tidak jauh berbeda dengan maxi skutik di kelas 150cc seperti Nmax dan PCX. Desain motor ini sporty, serba tajam, dan juga gambot. Karena motor ini merupakan motor listrik maka harus tampil futuristik, dan itu terlihat dari tampilan depannya yang memiliki unsur modern, dengan headlamp LED yang unik, model tumpuk dengan DRL LED yang melingkarinya.

Motor listrik produk asli Indonesia ini mengandalkan fitur-fiturnya, selain lampu LED, Alva One ini sudah pakai panel speedometer TFT warna, lebih unggul dari motor Jepang yang masih pakai layar LCD monokrom jadul. Bahkan panel speedometer ini bisa terkoneksi dengan smartphone yang tentunya jadi syarat untuk menjadi motor kekinian.


Karena bisa dihubungkan dengan aplikasi, motor ini bahkan bisa dimatikan melalui gadget. Ada juga Bike Sharing Access, GPS locator and tracker, kemudian hadir pula Alva road assistance jika pemilik sedang mengalami gangguan di tengah perjalanan. Kemudian Alva experience center locator serta pemilik bisa memantau Monthly Saving Estimator dan juga gigi buat mundur. Tak cukup sampai disitu, kecanggihan motor ini juga sudah dilengkapi dengan 3 mode riding, diantaranya :

– Eco mode yang disetting dengan top speed 43 km/h,
– Cruise top speed ada pada kecepatan 70 km/h,
– e-Sport memiliki top speed 90 km/h.

Alva One, Skuter Listrik produk Indonesia. (Foto: Warungasep)

Motor ini dilengkapi dengan cakram depan dan belakang dengan pengereman CBS ala motor skutik Honda, ukuran bannya pakai velg 14 inch dengan ukuran 90/90 didepan dan 110/80 dibelakang dan yang unik tidak seperti motor listrik tipe generator hub pada umumnya, ketika memuka velg belakang maka bisa dilakukan tanpa melepas dinamo listriknya.

Bicara spesifikasi mesin, motor ini menggunakan baterail lithium seberat 18 Kg dengan kapasitas 60 V 45 A (2,7 kWh) memiliki tenaga sebesar 4800 watt atau mungkin setara 6,6 Hp dan torsi yang jengat sebesar 46,5 Nm dan range jarak yang bisa ditempuh dalam keadaan baterai penuh sejauh 70 Km (pada kecepatan rata-rata konstan di 45km/h). Hanya dibutuhkan waktu 4 jam pengecasan dari keadaan daya 0% hingga 100% penuh dengan minimal daya listrik rumah, 1.300 kWh.

Nah, untuk harga, Alva One ini harganya tidak jauh beda dengan PCX dan NMax. PT Ilecta Motor Group (IMG) membanderolnya dengan harga Rp34.990.000 dan sudah on the road Jakarta. Saat ini, motor listrik produk Indonesia ini masih dipamerkan di GIIAS 2022 di BSD. Motor ini menawarkan lima pilihan warga, Halo White, Supernova Black, Edgy Turqoise, Casual Blue, dan Indie Red. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.