Alasan Yoga Penting untuk Kesehatan

Manfaat yoga untuk kesehatan. (Foto: bobobox)

Sukoharjonews.com – Yoga adalah olahraga senam yang dirancang untuk melatih fisik dan mental, di mana hal tersebut sangat baik bagi kesehatan jasmani serta rohani. Rutin melakukan yoga dapat membuat tubuh jadi rileks, mencegah penuaan dini, hingga mengurangi gangguan kecemasan dan stres. Maka dari itu, tak heran olahraga ini banyak disukai karena meskipun tergolong ringan namun tak membuat kewalahan, justru membuat badan sekaligus pikiran jadi lebih rileks.


Tujuan yoga adalah untuk memperluas kesadaran manusia supaya dapat selaras dengan kesadaran alam semesta karena melatih kelenturan otot, pernafasan, sampai ketenangan pikiran. Waktu terbaik untuk melakukan yoga yaitu pada saat malam hari karena otot tubuh telah siap menerima gerakan sekaligus membantu meredakan stres. Dikutip dari Anotherion, pada Jumat (12/4/2024), inilah alasan mengapa yoga penting untuk kesehatan tubuh:

1. Menurunkan dan Menjaga Berat Badan
Memiliki berat badan yang ideal menjadi impian bagi semua wanita. Untuk mendapatkan berat badan ideal, seseorang bahkan rela melakukan olahraga apapun. Yoga menjadi salah satu pilihan olahraga yang bisa membantu anda menurunkan serta menjaga berat badan.

2. Membuat Awet Muda
Siapa tidak ingin awet muda? Memiliki wajah dan tubuh yang selalu muda dan sehat tentu menjadi impian semua orang. Yoga menjadi salah satu pilihan olahraga yang bisa membantu menjaga kondisi anda agar tetap awet muda. Olahraga ini membantu anda untuk tetap rileks dan menggunakan tarikan napas yang teratur, yang diketahui bisa membantu membuat kita awet muda.


3. Meningkatkan Kesuburan
Olahraga yoga tidak hanya bisa membuat tubuh anda menjadi sehat. Yoga juga bisa membantu meningkatkan kesuburan. Olahraga yoga mempengaruhi kondisi hormon di dalam tubuh yang secara tidak langsung berpengaruh pada kesuburan seseorang. Oleh karena itu sangat disarankan bagi mereka yang sulit memiliki anak untuk melakukan olahraga yoga secara rutin.

4. Melatih Konsentrasi
Gerakan-gerakan yoga dilakukan secara perlahan dengan pikiran yang fokus. Kegiatan ini membuat pikiran anda semakin terlatih untuk fokus. Yoga melatih untuk memusatkan pikiran atau perhatian pada satu hal. Dengan melakukan yoga secara teratur maka akan semakin mudah bagi anda untuk memfokuskan pikiran bahkan di kehidupan sehari-hari.


5. Menenangkan Pikiran
Yoga bisa menjadi obat stress bagi anda yang sedang banyak pikiran. Yoga merupakan olahraga yang membutuhkan ketenangan pikiran. Dengan melakukan gerakan-gerakan yoga dan mengatur napas dengan stabil maka olahraga ini sangat membantu menenangkan pikiran anda.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *