Alami Sulit Tidur? Mungkin Anda Mangalami Productivity Anxiety

Tanda mengalami productivity anxiety. (Foto: riset)

Sukoharjonews.com – Ambisi untuk hidup terkadang bisa menjadi bumerang untuk diri sendiri. Ketika hal tersebut berhasil dijalankan dalam hidup maka akan menjadi sesuatu yang membahagiakan, namun ketika tidak tak jarang seseorang akan mengalami apa yang dinamakan productivity anxiety atau kecemasan terkait produktivitas.


Salah satu tanda seseorang memiliki productivity anxiety yaitu kesulitan tertidur. Lalu, tanda lain apa saja tanda lainnya yang bisa dikenali? Dilansir dari Medium.com, yang dikutip dari beberapa sumber, pada Sabtu (19/8/2023), ini dia deretan tanda kamu memiliki productivity anxiety:

1. Merasa Bersalah Bahkan Malu untuk Beristirahat
Jika kamu merasa malu saat tidak melakukan apapun atau merasa bersalah saat istirahat mungkin kamu memiliki productivity anxiety. Untuk memerangi rasa bersalah dan malu yang terkait dengan menjadi produktif, penting untuk diingat bahwa setiap orang perlu meluangkan waktu karena kamu adalah manusia.

Kamu tidak perlu melakukan apa pun untuk membuktikan kepada diri sendiri atau orang lain bahwa kita pantas mendapatkan istirahat dan relaksasi. Kamu pantas mendapatkan cinta terlepas dari keadaan eksternal pada saat tertentu dalam hidup kamu.


2. Sulit Tidur
Gangguan tidur muncul saat kita kesulitan cukup rileks untuk tidur saat pikiran kita bekerja. Peningkatan kadar kortisol berhubungan dengan stres kronis karena hiperaktivasi sumbu hipotalamus-hipofisis-adrenal dan kortisol adalah hormon yang biasanya memuncak pada pagi hari.

Untuk mengatasi kecemasan, sebaiknya lakukan self-talk dan mindfulness yang positif. Lakukan yang terbaik dari sumber daya yang kamu miliki saat ini.

3. Kesulitan untuk Bersantai
Dilansir dari Hindustantimes.com, sebagian dari kita merasa sulit untuk bersantai dan mengistirahatkan pikiran yang mengganggu karena merasa harus bekerja lebih keras. Setiap kali kita mencoba untuk beristirahat, rasa bersalah dan malu merayap masuk. Inilah tanda kamu mengalami productivity anxiety.


4. Menyibukkan Diri Bekerja Agar Merasa Memegang Kendali
Untuk mengatasi kecenderungan menjadi dominan, penting untuk mempraktikkan keterbukaan, fleksibilitas, dan keterhubungan sosial yang radikal. Keterbukaan radikal seperti mempertanyakan realitas visi, selalu siap untuk belajar hal baru dan selalu rendah hati.

Jangan pernah berasumsi bahwa hal kamu ketahui tentang dunia atau perasaanmu 100% benar. Terkadang kita tidak menyadari betapa uletnya kita dan bagaimana perubahan bisa membuat hidup kita lebih kaya dari yang pernah kita bayangkan.

5. Penundaan
Terkadang alasan sebenarnya untuk menunda-nunda dan menghindari tugas-tugas tertentu adalah rasa takut tidak cukup baik untuk melakukannya. Jika kamu selalu menunda sesuatu karena merasa takut melakukan kesalahan bisa jadi karena kamu mengalami productivity anxiety.


6. Kejenuhan
Productivity anxiety atau kecemasan produktivitas menyebabkan kita kehabisan tenaga, merasa kehabisan sumber daya, dan kehilangan motivasi untuk kembali ke tempat kerja atau melakukan aktivitas seperti biasanya.

Nah, itu dia deretan tanda bahwa kamu mengalami atau memiliki productivity anxiety. Yuk lakukan sesuatu sesuai dengan takarannya dan belajar untuk lebih mencintai diri kita sendiri. Semoga bermanfaat!(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *