Alamak…. 1 Polisi Melayani 800 Orang

Kapolres Sukoharo, AKBP Iwan Saktiadi

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Jumlah personel Polres Sukoharjo masih kurang ideal jika dibanding jumlah penduduk Sukoharjo. Ketimpangan jumlah personel polisi ini terjadi karena antara personel polisi yang pensiun dan rekrutmen polisi tidak seimbang.

Kapolres Sukoharjo, AKBP Iwan Saktiadi mengatakan, idelanya, perbandingan personel polisi dengan jumlah penduduk di suatu wilayah 1:200. Artinya, 1 personel polisi melayani sebanyak 200 warga. Namun perbandingan personel polisi di Sukoharjo dengan jumlah penduduk saat ini 1:800.

“Rasio jumlah anggota di Polres Sukoharjo memang belum ideal. Setiap tahun ada anggota yang pensiun dan tidak diimbangi penambahan anggota baru dari Polda Jawa Tengah,” ujar AKBP Iwan Saktiadi, Rabu (13/12).

Kapolres mengungkapkan, di Polres Sukoharjo saat ini tercatat ada 876 personel yang bertugas di berbagai satuan. Menurutnya, jumlah tersebut terus menurun setiap tahun seiring adanya anggota yang pensiun.



Kapolres tidak tahu pasti jumlah personel yang pensiun setiap tahunnya. Yang jelas, setiap tahun dan hampir setiap bulan ada anggota Polres Sukoharjo yang pensiun. “Dari grafik data terus menurun,” imbuhnya.

Kapolres menjelaskan, pihaknya hanya bisa menunggu penambahan personel. Mengingat, kewenangan penambahan personel ada di tangan di Pimpinan Polri. “Kami tetap memaksimalkan personel yang ada. Salah satunya dengan memperbanyak program bertemu langsung dengan masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, Sementara itu, sebanyak 18 personel polisi dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Polres Sukoharjo mengikuti upacara wisuda Purnawira/Purnabhakti di Mapolres setempat, rabu (14/12). Kapolres mengatakan, upacara tersebut merupakan penghargaan sekaligus rasa hormat dari kesatuan dan rasa kecintaan bagi anggota yang memasuki masa pensiun. (Sofarudin)

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.