Ajang Fornas 2022, Atlet Orienteering Sragen Raih Medali Perak

Atlet Orienteering dari Kabupaten Sragen berhasil meraij juara 2 dalam ajang Fornas 2022 di Palembang. (Foto: Pemkab Sragen)

Sukoharjonews.com (Sragen) – Atlet Orienteering dari Kabupaten Sragen, Jawa Tengah meraih prestasi di ajang Festival Olah Raga Rekreasi Masyarakat Nasional (Fornas) VI Palembang 2022. Atlet tersebut adalah Aji Santoso, 22, yang berhasil meraih juara 2 dalam cabor Orienteering dengan mengalahkan 147 pesaing dari 12 Provinsi di Indonesia.


Mahasiswa semester VI Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNS tersebut merupakan satu dari empat atlet yang mewakili kontingen Provinsi Jawa Tengah yang mengikuti cabor Orienteering yang telah dilaksanakan pada 2-3 Juli 2022 lalu.

“Alhamdulillah, dapat medali perak. Dari Sragen hanya saya yang ikut pada Cabor Orienteering, kalau untuk kontingen Jawa Tengah ada empat atlet dan dua official sekaligus Ketua Umum (Ketum) dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) FONI Jateng,” terang Aji dikutip dari laman Pemkab Sragen, Selasa (5/7/2022).

Untuk panjang course yang dilalui Aji, kategori M21 sepanjang 2,8 kilometer. Yang dihitung dari jarak lurus sasaran 1 sampai finish yang ditentukan.

“Tetapi realita hasil jaraknya tergantung pemilihan jalur ketika lomba. Karena peserta bebas memilih jalur, semakin efektif jalur yang dipilih akan semakin pendek dan cepat,” lanjutnya.

Perlu diketahui, Orienteering adalah sekelompok olahraga yang membutuhkan keterampilan navigasi menggunakan peta dan kompas untuk menavigasi dari titik ke titik di medan yang beragam dan biasanya asing sambil bergerak dengan kecepatan.

Orienteering ini sendiri telah digeluti Aji sejak 2015 silam pada saat ikut ekstrakurikuler di SMK Negeri 1 Miri, Sragen. Bahkan, ai juga sudah mengikuti lebih dari 30 lomba orienteering dan lari sejak tujuh tahun lalu.

“Karena sudah lama menekuni orienteering dan ini adalah keikutsertaan orienteering pertama di Fornas. Jadi, saya sangat berminat ikut. Apalagi mendapat dukungan dan didelegasilan oleh FONI Jawa Tengah,” ujarnya.

Sebelum mengikuti lomba tingkat Nasional ini, Aji mengaku rutin melakukan latihan lari interval dan simulasi orienteering di rumah dan belakang kampusnya, yakni UNS.

“Selain itu juga rutin memakan makanan bergizi dan istirahat yang cukup. Dan yang paling utama juga dengan doa supaya bisa tenang dalam perlombaan,” tambahnya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *