Ada Yang Mau Jadi Anggota Polisi, Sekaranglah Saatnya

Sejumlah anggota polisi Polres Sukoharjo mengikuti fashion show dengan mengenakan sejumlah seragam polisi. Aksi dilakukan di CFD saat sosialisasi rekrutmen anggota Polri, Minggu (18/3).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Masyarakat Sukoharjo yang ingin menjadi polisi kembali mendapatkan kesempatan. Pasalnya, Polres Sukoharjo membuka pendaftaran calon anggota polisi tahun 2018. Pembukaan pendaftaran calon anggota tersebut ditandai dengan sosialisasi pada masyarakat dalam event “Car Free Day” (CFD) di Jalan Veteran, Minggu (18/3).



Sosialisasi rekrutmen calon polisi tersebut dilakukan oleh Bagian Sumber Daya Polres. Rekrutmen calon anggota Polri tahun ini bertajuk betah, “clear & clean”. Sengaja lokasi sosialisasi di CFD agar sosialisasi dapat disaksikan langsung oleh masyarakat Sukoharjo yang mengunjungi CFD. Tidak hanya sekadar sosialisasi, dalam kesempatan tersebut juga dimeriahkan dengan sejumlah aksi menarik.

Aksi menarik yang digelar antara lain peragaan baris-berbaris polisi cilik dan patroli keamanan sekolah binaan Polres Sukoharjo. Ada juga aksi yel-yel polisi angkatan tahun 2017, fashion show baju dinas polisi, bela diri polisi wanita (Polwan) dan “Five Fingers Band” yang beranggotakan polisi-polisi dari jajaran Polres Sukoharjo. Selain itu, juga ada testimoni orang tua bersama anaknya yang menjadi anggota Polri yang telah menyelesaikan pendidikan bintara Polri tahun angkatan 2017.

“Komitmen kami jelas, bahwa dalam melaksanakan rekrutmen anggota Polri memegang prinsip bersih, transparan, akuntabel, humanis (betah) serta “clear & clean,” tandas Wakapolres Sukoharjo Kompol M Ifan Hariyat.

Menurutnya, prinsip tersebut sudah dilaksakan secara terus menerus dan selalu dikaji apakah masih ada celah terjadinya kecurangan dan penyimpangan. Dengan demikian, pelaksanaan rekrutmen anggota Polri selama ini benar-benar murni, objektif, apa adanya dan yang lulus dan lolos memang orang-orang yang memiliki kompetensi yang dipersyarakatkan dan diharapkan.

Wakapolres juga mengatakan, untuk menjadi seorang anggota Polri bisa melalui empat jalur. Masing-masing jalur Akademi Kepolisian (Akpol), jalur Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS), jalur bintara Polri dan jalur tamtama Polri. Pendaftaran seleksi tamtama Polri, bintara Polri dan Akpol direncanakan dibuka mulai Maret 2018 melalui pendaftaran online. Sedangkan untuk seleksi SIPSS telah dilaksanakan pada tanggal 16 Januari 2018 dan telah selesai prosesnya pada tanggal 4 Maret 2018.

“Semua tahapan seleksi gratis tanpa dipungut biaya satu rupiah pun. Apabila lulus akan dididik menjadi seorang anggota Polri yang siap memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara,” tegasnya.

Bagi yang tertarik bergabung menjadi anggota Polri, ujarnya, dia harap untuk mempersiapkan fisik dan mental serta kelengkapannya mulai dari sekarang. Wakapolres mengimbau untuk tidak percaya apabila ada oknum yang menjanjikan dapat meluluskan seseorang menjadi anggota Polri dengan sejumlah biaya. Apabila mendapati hal tersebut, dia minta untuk segera laporkan ke Propam Polri. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *