Ragam  

Ada Satu Nakes Sukoharjo Positif Corona Setelah Divaksin, Ini Penjelasan Dinas Kesehatan

Ilustrasi.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Ternyata, ada satu tenaga kesehatan (nakes) di Sukoharjo yang positif corona setelah mendapatkan vaksin. Nakes tersebut terkonfirmasi positif corona hanya beberapa hari setelah vaksinasi. Terkait hal itu, Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo memberikan penjelasan begini.



“Satu nakes yang positif setelah mendapat vaksin diketahui dari pengaduan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI),” terang Kepala DKK Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, Jumat (29/1/2021).

Kenapa positif setelah vaksinasi, Yunia mengaku nakes tersebut sudah dalam posisi masa inkubasi virus corona saat mendapatkan vaksin. Artinya, ujar Yunia yang juga Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona tersebut, nakes tersebut sudah terpapar virus corona terlebih dahulu sebelum mendapatkan vaksin.

Yunia mengaku, kasus nakes yang positif corona tersebut mirip dengan kasus Bupati Sleman dan saat ini sudah mendapat penanganan. Termasuk melakukan pelacakan pada kontak erat kasus nakes tersebut.

Disinggung tentang aduan yang masuk ke KIPi selain kasus nakes tersebut, Yunia mengaku ada 10 nakes lain yang mengalami reaksi atau gejala setelah vaksinasi. Menurutnya, gejala yang dilaporkan umumnya gatal-gatal, demam, mengantuk, mual hingga muntah, serta nyeri dibekas suntikan.

“Aduan yang masuk langsung mendapatkan observasi dan sudah membaik. Ada juga gejala ringan lain tapi tidak banyak,” ujar Yunia.

Seperti diketahui, warga Sukoharjo yang terdata akan mendapatkan vaksin sebanyak 579.681 orang. Terdiri dari nakes 6.896 orang, pelayanan publik 224.489 orang, masyarakat umum dan pelaku ekonomi 196.910 orang, serta lansia 112.935 orang. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *