7 Manfaat Anak Disekolahkan di SMA Boarding School

Manfaat SMA Boarding School. (Ilustrasi)

Sukoharjonews.com – Seiring berjalannya waktu, banyak orangtua yang memilih menyekolahkan anaknya di SMA boarding school. Boarding school sendiri merupakan sistem sekolah berasrama yang artinya siswa yang sekolah disana harus tinggal di asrama.


Di Indonesia sekolah seperti ini sudah banyak dengan kualitas yang sangat baik. Meski biayanya cukup mahal tetapi sekolah ini tetap banyak dipilih. Hal ini bukan tanpa alasan karena ada banyak manfaat yang akan didapatkan oleh anak. Inilah berbagai manfaat boarding school tersebut:

1. Melatih Kemandirian Anak
Salah satu manfaat anak disekolahkan di SMA boarding school adalah anak akan menjadi orang yang mandiri. Ini dikarenakan sekolah di boarding school mengharuskan siswa tinggal di asrama dan jauh dari orang tua. Tinggal di asrama berarti harus memenuhi dan mengurus semua kebutuhannya sendiri. Selain itu, anak juga akan belajar mengatur keuangan sendiri.

2. Melatih Kedisiplinan
Tinggal di asrama tidak sama seperti tinggal di rumah. Dimana saat tinggal di asrama ada banyak aturan yang harus ditaati. Aturan yang ada membuat anak menjadi lebih disiplin. Aturan-aturan yang dibuat tidak hanya harus dituruti oleh siswa saja, tetapi juga elemen lain yang ada disana seperti kepala sekolah, tenaga pendidik maupun guru. Jika aturan tersebut dilanggar maka harus siap mendapatkan sanksi.


3. Melatih Tanggung Jawab
Manfaat sekolah di boarding school selanjutnya yang akan dirasakan siswa adalah siswa berlatih untuk tanggung jawab. Anak tidak hanya bertanggung jawab untuk belajar dan mengerjakan tugas sekolah, tetapi juga bertanggungjawab untuk mengurus serta menjaga asrama. Siswa bertanggung jawab untuk tidak membuat kegaduhan yang bisa mengganggu penghuni lainnya.

4. Memupuk Rasa Kebersamaan
Penghuni asrama di boarding school tentu sangat banyak yang berasal dari berbagai daerah. Disini anak tidak hanya akan mendapatkan banyak teman baru tetapi juga keluarga. Kebersamaan di antara penghuni asrama akan terjalin dengan baik sehingga tercipta rasa saling memiliki.

Tidak hanya itu saja, siswa akan saling membantu dan menyelesaikan tugas harian asrama bersama sama. Jika ada siswa lain yang sedang sedih maka selalu siap untuk menghiburnya. Selain kebersamaan, mereka juga bisa saling berdiskusi dan bertukar pikiran sehingga bisa mendapatkan ilmu ataupun pengetahuan baru.


5. Mendapat Dukungan untuk Kreativitas dan Intelektualitas
Boarding school akan menyediakan fasilitas yang lengkap untuk menunjang siswanya untuk berprestasi. Selain itu, fasilitas tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan kemampuan motorik dan kognitif.

Dimana fasilitas yang disediakan akan sangat bermanfaat untuk siswanya karena lebih semangat belajar. Berkat fasilitas tersebut anak Anda bisa mengembangkan hobi, bakat dan minat yang dimiliki.

6. Bertemu dengan Tenaga Pendidik yang Berkualitas
Manfaat boarding school selanjutnya yaitu memiliki tenaga pendidik yang berkualitas. tenaga pendidik yang berkualitas tentu sangat berpengaruh pada prestasi siswanya. Biasanya pihak sekolah akan memberikan syarat dan aturan ketat dalam memilih tenaga pendidik baru.

Beberapa seleksi yang diberikan seperti tes intelektualitas, kepribadian dan bahasa asing. Tenaga pendidik di sekolah ini diharuskan untuk memilih kemampuan bahasa inggris yang baik. Proses seleksi yang ketat ini harus dilakukan mengingat tenaga pendidik tidak hanya mengajar di sekolah saja. melainkan juga membimbing siswa saat di asrama.


7. Lebih Fokus Belajar
Manfaat anak Anda disekolahkan di boarding school adalah anak akan lebih fokus belajar. Setiap harinya anak akan belajar di sekolah sampai siang atau sore. Setelah kegiatan belajar mengajar di sekolah selesai, anak harus kembali ke asrama. Saat di asrama waktu yang dimiliki banyak dimanfaatkan untuk belajar.

Anak bisa belajar sendiri atau bisa belajar kelompok dengan siswa lainnya. Menariknya lagi, ada study group dengan guru atau mentor di luar jam sekolah. Kegiatan ini diadakan untuk sesi diskusi atau motivasi.

Nah itulah informasi tentang 7 manfaat anak disekolahkan di SMA boarding school. Diharapkan setelah membaca beberapa manfaat boarding school diatas, Anda semakin yakin untuk mendaftarkan anak Anda di SMA boarding school.

Salah satu SMA boarding school terbaik saat ini adalah SMA Dwiwarna (boarding school). SMA ini dikatakan terbaik karena memiliki tenaga pendidik berkualitas, lingkungan sekolah yang aman dan menyediakan fasilitas lengkap. Dapatkan kualitas pendidikan terbaik bagi anak dengan menyekolahkannya di SMA Dwiwarna (boarding school). (nano)

Referensi:
https://m.kumparan.com/berita-update/pengertian-boarding-school-dan-manfaatnya-untuk-siswa-1xFulr2i0ch


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *