5 Mitos Terkenal diseluruh Dunia

5 Mitos diberbagai negara didunia. (Foto:Pixabay)

Sukoharjonews.com– Mitos memiliki peran penting dalam budaya dan tradisi di seluruh dunia, mengikat kita pada pemahaman akan sejarah dan makna melalui penceritaan alegoris.


Dilansir dari TedEd,Senin (4/3/2024), selamatkan diri anda dan lihat lima mitos berikut dari berbagai negara di dunia:

1. Cina
Mitos di balik zodiak Tionghoa
Apa tandamu? Dalam astrologi Barat, ini adalah konstelasi yang ditentukan oleh kapan ulang tahun Anda jatuh dalam kalender. Namun menurut zodiak Tiongkok (生肖), itu adalah shuxiang Anda, yang berarti hewan yang sesuai dengan tahun lahir Anda. Dari sekian banyak mitos yang menjelaskan tanda-tanda hewan dan susunannya, yang paling bertahan lama adalah mitos The Great Race. Megan Campisi dan Pen-Pen Chen menceritakan mitos klasik ini.

2. Yunani Kuno
Mitos Cupid dan Jiwa
Psyche terlahir begitu cantik sehingga dia dipuja sebagai inkarnasi baru Venus, dewi cinta. Namun kekasih manusia terlalu terintimidasi untuk mendekatinya, dan Apollo merekomendasikan ayahnya untuk meninggalkannya di tebing di mana dia akan menikah dengan “si jahat bersayap yang kejam dan buas, seperti ular.” Namun kisah Psyche akhirnya menjadi jauh lebih menarik. Brendan Pelsue berbagi mitos Cupid dan Psyche.


3. Irlandia
Mitos Oisín dan negeri awet muda
Dalam perjalanan pahlawan pada umumnya, protagonis memulai petualangan, mengalami perubahan besar, dan kembali dengan kemenangan ke titik asal mereka. Namun dalam genre mitos Irlandia yang dikenal sebagai echtraí, perjalanan ke dunia lain berakhir tanpa harapan. Iseult Gillespie berbagi mitos tentang Oisín dan negeri awet muda.

4. Kamboja
Mitos Kamboja tentang kilat, guntur, dan hujan
“Moni Mekhala Ream Eyso” adalah drama tari paling sakral di Kamboja. Hal ini dilakukan setiap tahun dalam upacara buong suong, dan menjelaskan asal mula kilat, guntur, dan hujan menurut orang Khmer. Prumsodun Ok menceritakan kisah memberdayakan yang masih mencerahkan dunia kita hingga saat ini.


5. Mesir
Buku Orang Mati Mesir: Buku panduan untuk dunia bawah
Orang Mesir kuno percaya bahwa untuk menjadi abadi setelah kematian, roh harus terlebih dahulu melewati dunia bawah, sebuah dunia yang terdiri dari gua-gua besar, danau api, dan gerbang magis. Tak perlu dikatakan lagi, seseorang harus bersiap-siap. Tapi bagaimana caranya? Tejal Gala menggambarkan “ Kitab Orang Mati ” sebuah gulungan ajaib khusus yang ditulis oleh orang yang masih hidup untuk memudahkan perjalanan menuju akhirat ketika mereka meninggal.(Patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *