5 Langkah Terbebas dari Utang yang Mudah Dilakukan

Langkah terbebas dari utang. (Foto: Seva.id)

Sukoharjonews.com – Salah satu hal yang membuat orang selalu tidak tenang adalah mempunyai utang. Namun terkadang tanpa kalian sadari hutang tidak hanya disebabkan oleh kebutuhan kalian yang mendesak, namun juga disebabkan oleh gaya hidup yang berlebih.


Nah, ada beberapa langkah supaya kalian dapat terbebas dari utang. Yuk simak apa saja! Dilansir dari Youtube Chanel Merry Riana, Selasa (29/11/2022) berikut 5 langkah terbebas dari utang:

1. Mengakui masalah
Dimana ada utang, disitu pasti diawali dengan masalah. Salah satunya ketika ada salah satu anggota keluarga yabg sakit, akhirnya harus mengeluarkan banyak uang untuk biaya rumah sakit. Contoh lain yaitu utang untuk menunjang gaya hidup. Untuk bisa menemukan solusinya, kalian harus sadar dulu, bahwa ada sesuatu yang salah yang menyebabkan kalian mengalami lilitan hutang tersebut. Karena jika kalian tidak mengakui bahwa itu sebuah kesalahan, kalian tidak akan menemukan solusinya.

Selama kalian merasa orang hidup kan memang biasa ounya utang. Akhirnya nanti jadi kebiasaan. Nah kebiasaan itu yang akan menghancurkan kalian. Jangan biarkan berhutang jadi kebiasaan, jika tidak mau hidup kalian berada dalam kecemasan.


2. Menghitung
Buat list perhitungan utang. Kalian harus tahu dengan jelas buat listnya dan perhitungannya, apa saja utangnya, apa saja utangnya, utangnya dimana saja, berapa utang pokoknya dan berapa bunganya. Hitung juga pendapatan dan pengeluaran setiap bulan kalian berapa. Tulis semua perhitungan itu di kertas. Karena dari situ kalian bisa melihat dan mengetahui solusi-solusi apa yang bisa kalian lakukan untuk mengambil langkah selanjutnya.

3. Mengikhlaskan
Karena mungkin ada beberapa solusi yang harus kalian lakukan. Contohnya merelakan rumah yang sedang kalian tempati sekarang untuk dijual. Mungkin, banyak teman-teman yang akan mengejek kalian miskin, maka kalian harus mengikhlaskannya, karena itu merupakan konsekuensi yang harus kalian terima. Tidak masalah. Lebih baik “mengejar masa depan dengan kesederhanaan daripada dikejar utang dan masa depan hanya tinggal kenangan”.


4. Meminta bantuan
Perlu diingat, utang kalian adalah tanggungjawab kalian, utang kalian juga adalah tanggungjawab kalian. Tapi walaupun begitu, tidak berarti kalian tidak boleh meminta dan menerima bantuan. Bantuan tidak hanya tentang uang. Tidak ada salahnya jika kalian meminta bantuan kepada orang lain yang bisa membantu dalam hal konsultan keuangan.

5. Mengubah kebiasaan
Bisa saja utang kalian disebabkan karena kebiasaan-kebiasaan yang salah. Seperti membeli barang – barang brand agar terlihat keren. Jangan malu menjadi pribadi yang sederhana. Tapi malulah ketika kalian pura – pura kaya. Bergayalah sesuai dengan kemampuan kalian. (cita septa/mg)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *