5 Cara Melentikkan Bulu Mata Secara Alami, Ternyata Mudah

Melentikkan bulu mata secara alami. (Foto: Sehatq)

Sukoharjonews.com – Banyak wanita menginginkan memiliki bulu mata lentik dan panjang. Namun, tidak semua wanita memilikinya sehingga harus melakukan banyak cara agar memiliki bulu mata yang lentik dan panjang. Bahkan, ada yang melakukan melakukan extension bulu mata agar menjadi panjang. Padahal, ada cara untuk melentikkan bulu mata secara alami.


Dikutip dari Sehatq, Minggu (26/6/2022), banyak wanita yang ingin memiliki tampilan bulu mata lentik dan panjang. Nah, Anda bisa mempertimbangkan berbagai cara melentikkan bulu mata secara alami dan aman dengan hasil maksimal.

Berikut ini beberapa cara melentikkan bulu mata yang aman dan bisa dicoba:

1. Gunakan maskara yang tepat
Menggunakan maskara masih menjadi salah satu cara melentikkan bulu mata yang paling populer. Ya, maskara adalah produk kosmetik yang berfungsi untuk membuat bulu mata lebih lentik dan panjang.

Biasanya maskara digunakan setelah menggunakan penjepit bulu mata. Produk make up ini dapat mempertahankan bentuk bulu mata hingga waktu tertentu.

Namun, cara agar bulu mata lentik menggunakan maskara tidak boleh dianggap sepele. Cara memakai maskara yang benar, yakni menggerakkan maskara dengan pola zig-zag, lalu buat lengkungan pada ujung bulu mata.

Anda bisa memulaskan 2-3 kali lapisan sampai efek bulu mata lentik dan bervolume sudah sesuai seperti yang diinginkan.

Pastikan bila setiap pulasan maskara yang dilakukan sudah kering sepenuhnya, baru lanjutkan pulasan berikutnya. Cara ini dianggap dapat membuat bulu mata lebih lentik untuk waktu yang lebih lama.

Sebagaimana halnya produk kosmetik lain, maskara juga dapat menimbulkan reaksi alergi pada sebagian orang.

Oleh karena itu, coba terlebih dahulu sedikit maskara pada kulit punggung tangan untuk melihat reaksinya. Hal ini penting dilakukan karena area mata tergolong sensitif.


2. Gunakan ujung jari
Siapa sangka, memberi tekanan ringan yang hangat bisa menjadi cara melentikkan bulu mata? Langkah ini dapat dilakukan dengan mudah.

Caranya, hangatkan ujung jari-jari Anda dengan cara menempelkan seluruh jari secara berpasangan (misalnya, telunjuk tangan kiri dan telunjuk tangan kanan, jari tengah tangan kiri dan jari tengah tangan kanan, dan seterusnya) sampai terasa hangat.

Selanjutnya, tutup mata dan dorong bulu mata secara lembut ke arah luar kelopak mata. Tekan ujung bulu mata ke arah atas atau arah alis Anda. Tahan selama 10 detik, kemudian lepaskan.

Lakukan cara agar bulu mata bisa lentik ini berulang kali, jika diperlukan. Anda cukup membiarkannya atau bisa juga dilanjutkan dengan pemakaian maskara.

3. Sendok
Sudah pernah coba cara melentikkan bulu mata dengan sendok? Langkah ini dipercaya bisa membuat bulu mata Anda tampak lentik. Berikut langkah-langkahnya.

– Rendam sendok makan bersih dalam sebuah wadah berisi air hangat selama 3 menit.
– Jika sudah, keringkan sendok. Perhatikan temperatur sendok pada saat hendak digunakan. Letakkan sendok pada bagian dalam pergelangan tangan terlebih dahulu. Bila terasa terlalu panas, diamkan dulu beberapa saat.
– Lalu, pegang gagangnya secara horizontal dengan sisi cembung menghadap ke mata. Letakkan sendok di atas kelopak mata atau tepat di atas bulu mata.
– Lengkungan sendok akan berfungsi sebagai pelentik bulu mata. Tahan selama 10 detik untuk mendapat bulu mata lentik secara instan. Lalu, lepaskan.
Cara melentikkan bulu mata dengan sendok ini bisa Anda lakukan sesuai kebutuhan.


4. Sikat gigi hangat
Anda juga dapat menggunakan sikat gigi sebagai cara alami melentikkan bulu mata.

Caranya, siram atau rendam bulu sikat gigi dengan air panas. Selanjutnya, keringkan sikat gigi menggunakan handuk bersih sampai tidak ada air yang menetes.

Kemudian, perlahan sikat bulu mata Anda mulai dari bagian pangkal hingga ujung. Saat sampai di ujung bulu mata, tahan sebentar selama beberapa detik.

5. Gunakan cotton bud
Cara melentikkan bulu mata secara alami bisa memanfaatkan cotton bud.

Setelah Anda menggunakan maskara, angkat dan tahan bagian akar bulu mata menggunakan gagang cotton bud yang diletakkan secara horizontal.

Kemudian, tunggu hingga maskara mulai kering. Nantinya, bulu mata akan terlihat lebih lentik.

5. Pakai pelentik bulu mata yang tepat
Sebelum menggunakan maskara, ada baiknya Anda menggunakan pelentik bulu mata.

Untuk memberi efek bulu mata yang lentik, Anda bisa menghangatkan pelentik bulu mata terlebih dahulu sebelum memakainya.

Pastikan Anda menggunakan pelentik bulu mata yang bersih, ya. Jangan gunakan pelentik bulu mata yang kotor.

Pasalnya, sisa-sisa maskara yang mengendap pada eyelash curler terdapat kumpulan bakteri yang bisa membuat bulu mata tidak lentik maksimal.

Nah, itulah beberapa cara untuk membuat bulu mata lentik. Akan tetapi, pastikan Anda memilih cara agar bulu mata lentik sesuai dengan kondisi bulu mata Anda. Jika mengalami masalah pada bulu mata, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 3.7 / 5. Vote count: 3

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.