3.035 Orang Terciduk Polisi Selama Operasi Zebra Candi

Petugas Satlantas Polres Sukoharjo ketika menggelar Operasi Zebra Candi 2017 di kawasan Alun-Alun Satya Negara beberapa waktu lalu.

Sukoharjonews.com – Operasi Zebra Candi 2017 telah selesai pada 14 November lalu. Selama 14 pelaksanaan operasi, Satlantas Sukoharjo mencatat melakukan penindakan terhadap 3.035 pelanggar lalu lintas. Dari jumlah tersebut, sebanyak 2.509 pelanggar diberi surat tilang.

“Secara umum selama pelaksanaaan Operasi Zebra Candi 2017, lakalantas mengalami penurunan, sedangkan jumlah jumlah pelanggar lalu lintas justru mengalami peningkatan,” ungkap Kasatlantas Polres Sukoharjo AKP Finan Sukma Radipta, Kamis (16/11).

Lebih lanjut Kasatlantas mengatakan, penindakan dan penilangan yang dilakukan petugas terhadap pengguna jalan memang mengalami kenaikan dibanding bulan lalu. Menurutnya, kenaikan tersebut terjadi karena petugas meningkatkan penindakan terhadap pelanggar. Selain itu, juga dikarenakan tingkat kesadaran masyarakat yang masih kurang untuk tertib berlalulintas. Selama 14 hari operasi, jumlah penindakan naik 4,1% atau sejumlah 119 pelanggar. Sedangkan untuk penilangan juga naik 54,90% atau sebanyak 889 pelanggar.

Masih menurut Kasatlantas, pada operasi serupa 18-31 Oktober lalu, jumlah penindakan terhadap pelanggar lalin sebanyak tercatat 2.916 pelanggar. Untuk penilangan sejumlah 1.620 pelanggar. Nah, dalam Operasi Zebra Candi 2017 yang baru saja berakhir, terjadi kenaikan dalam penindakan maupun penilangan. Sedangkan untuk teguran justru turun dari 1.296 orang menjadi 526 orang atau turun 59.4%.

Disisi lainn, Finan kembali mengimbau pada pengguna jalan untuk tertib dalam berlalulintas. Selama Operasi Zebra kemarin, Finan mengaku pelanggaran yang dijumapai petugas antara lain tidak mengenakan helm pengaman atau sabuk pengaman, tidak membawa SIM atau STNK, kelebihan muatan, dan lainnya. “Dalam Operasi Zebra kali ini petugas memang lebih menitikberatkan pada penindakan,” ujar Finan.

Dia menambahkan, jumlah kejadian selama Operasi Zebra Candi 2017 mengalami penurunan dari 11 kejadian dengan kerugian material senilai Rp15,4 juta menjadi sembilan kejadian dengan kerugian material Rp5,3 juta. Diharapkan dengan semakin naiknya kesadaran warga dalam berlalulintas akan menurunkan angka kecelakaan di kemudian hari. (erlano putra)

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.