Yamaha XMax 2023 Indonesia, Cek Spesifikasi Lengkap dan Harganya

Yamaha XMax 2023 Prestige Grey. (Foto: Ardiantoyugo)

Sukoharjonews.com – Yamaha XMax 250 2023 akhirnya hadir di Indonesia. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi memperkenalkan motor skutik andalannya di kelas 250 cc. Motor edisi 2023 ini mengalami kenaikan harga tipis dibandingkan model sebelumnya. Selain itu, dari segi penampilan, motor terlihat semakin mantap dan fitur juga semakin lengkap dan canggih.


Dikutip dari Ardiantoyugo, Jumat (4/11/2022), desain bagian depan dirombak cukup besar terutama pada bagian headlamp alias lampu utama. Lampu utama berbentuk kotak yang terbagi menjadi dua kompartemen yakni kiri dan kanan. Untuk lampu jarak dekat terdapat dua cluster, dan juga dua cluster untuk lampu jarak jauh. Desainnya terlihat sangat tajam dengan kombinasi LED DRL pada bagian bawah yang menciptakan kesan huruf X jika semua lampu menyala.

Yamaha XMax 2023 Indonesia
Pada penampilan, Yamaha XMax 2023 Indonesia untuk lampu sein depan kini diletakkan pada bagian dekat windscreen. Terlihat seperti telinga yang berada di bagian kanan dan kiri windscreen. Tidak ketinggalan windscreen ini juga dapat diatur ketinggiannya sesuai dengan keinginan pengendara. Hal ini tentu saja untuk mencegah terpaan angin yang langsung mengarah ke bagian tubuh pengendara.

Adanya perubahan besar Yamaha XMax 250 2023 memang hanya terdapat pada bagian depan serta body depan yang dibuat layaknya sebuah boomerang. Sedangkan pada bagian body belakang terlihat masih minim perubahan. Garis desain yang digunakan masih terlihat cukup mirip dengan model sebelumnya. Untuk lampu belakangnya kini nampak sedikit lebih besar dengan model yang tetap terpisah. Tidak ketinggalan juga terdapat LED stripe kecil seperti lampu belakang Yamaha NMax 155 2023.

Yamaha XMax 2023 Luxury Red. (Foto: Ardiantoyugo)

Fitur Yamaha XMax 250 2023 Indonesia
Untuk fitur, Yamaha XMax 2023 yang paling mantap ada pada bagian dashboard yang kini dirombak dengan desain yang benar-benar baru. Teradpat layar TFT dengan tema yang dapat diubah sebesar 4,2 inci yang dapat dikoneksikan dengan smartphone pengendara. Dan mantapnya lagi layar ini bisa menampilkan peta untuk mempermudah navigasi pada saat touring. Tentu pengendara tidak perlu memasang bracket HP hanya untuk sekedar melihat peta saat berkendara.

Fitur Communication Control Unit (CCU) juga memungkinkan pengendara menghubungkan sang motor dengan smartphone melalui jaringan Bluetooth. Hanya dengan aplikasi MyRide Yamaha maka pengendara dapat menikmati fitur tambahan mulai dari menerima pesan, email, dan notifikasi lain yang dapat muncul di layar 4,2 inci tersebut. Masih ada lagi informasi lain mulai dari cuaca, suhu udara, rotasi mesin, jam digital, dan masih banyak lagi.

Yamaha XMax 2023 Premium Black. (Foto: Ardiantoyugo)

Speedometer Yamaha XMax 2023
Speedometer Yamaha XMax 2023 ini juga sudah dilengkapi dengan GPS Garmin. Dengan menginstal Garmin StreetCross pada smartphone pengendara dan dihubungkan ke CCU maka navigasi akan muncul pada layar 4,2 inci. Tentunaya sangat praktsi dan lebih aman. Pengendara dapat mengatur rute serta memperbesar dan memperkecil peta pada tuas di stang kemudi. Aplikasi ini juga dapat menampilkan informasi lalu lintas real time, speed limit, suhu udara di tempat tujuan, jarak yang tersisa dan perkiraan waktu kedatangan.

Selain layar 4,2 inci juga terdapat layar LCD 3,2 inci yang terletak di bagian atas yang menyediakan berbagai informasi mulai dari kecepatan kendaraan, odometer, fuel meter, hingga trip meter. Layar yang lebih kecil ini akan menampilkan informasi penting seperti kecepatan dan sisa bensin ketika pengendara mengubah tampilan layar 4,2 inci menjadi peta. Dari segi fitur Yamaha XMax 250 2023 memang sangat memanjakan pengendaranya.


Beberapa fitur Yamaha XMax 250 2023 Indonesia
– Sistem pencahayaan sepenuhnya LED dengan lampu hazard
– Bagasi bawah jok berkapasitas besar yakni 44,9 liter lengkap dengan lampu LED
– Kapasitas tangki bahan bakar mencapai 13 liter
– Penggunaan Smart Key System (keyless) dengan fitur Answer Back System
– Electric Power Socket
– Full LCD Speedometer
– TFT Infotainment Display yang dapat terhubung dengan smartphone
– Sistem navigasi yang didukung oleh aplikasi Garmin Street Cross
– Memiliki 2 posisi pijakan kaki
– Posisi windshield dan handlebars yang dapat disesuaikan secara manual
– Yamaha Motorcycle Connect
– Mesin Blue Core 250 cc
– Anti-lock Braking System (ABS)
– Traction Control System (TCS)

Yamaha XMax 2023 Dark Petrol. (Foto: Ardiantoyugo)

Spesifikasi Yamaha XMax 2023 Indonesia
Bicara spesifikasi, Yamaha XMax 2023 masih tetap menggunakan mesin berkapasitas 249,8 cc. Mesin ini memiliki konfigurasi silinder tunggal, SOHC, 4 langkah, 4 katup, berpendingin cairan, serta sudah memenuhi standarisasi Euro5. Untuk tenaga puncaknya sendiri mencapai 16,8 kW atau setara dengan 22,84 PS pada 7.000 rpm. Sedangkan untuk torsi puncaknya mencapai 24,3 Nm yang diraih pada 5.500 rpm. Tidak ada update untuk bagian mesin yang digunakan pada model 2023 kali ini.

– Tipe Mesin: Liquid Cooled, 4-Stroke, SOHC, 4 Valves
– Jumlah / Posisi Silinder: Single Cylinder
– Isi Silinder: 249.8 cc
– Diameter X Langkah: 70.0 mm X 64.9 mm
– Perbandingan Kompresi: 10.5 : 1
– Daya Maksimum: 16.8kW / 7000 rpm
– Torsi Maksimum: 24.3 Nm / 5500 rpm
– Sistem Starter: Electric Starter
– Sistem Pelumasan: Wet Sump
– Kapasitas Oli Mesin: Total = 1.7 L ; Berkala = 1.5 L
– Sistem Bahan Bakar: Fuel Injection
– Tipe Kopling: Dry, Centrifugal Automatic
– Tipe Transmisi: V-belt Automatic


Sasis Yamaha XMax 250
Bagian sasisnya sendiri juga tetap menggunakan jenis Underbone yang dikombinasikan dengan suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang ganda. Untuk sistem pengereman depan dan belakang juga sudah menggunakan rem cakram dan lengkap dengan sistem pengereman ABS.

– Tipe Rangka: Backbone
– Suspensi Depan: Telescopic Fork
– Suspensi Belakang: Unit Swing
– Ban Depan: 120/70-15M/C 56P
– Ban Belakang: 140/70-14M/C 62P
– Rem Depan: Disc Brake
– Rem Belakang: Disc Brak
– Sistem Pengapian: TCI
– Battery: GTZ8V
– Tipe Busi: NGK/ LMAR8A-9
– Kapasitas Tangki Bensin: 13 L

Harga Yamaha XMax 2023 Indonesia
Nah, untuk harga, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi menghadirkan empat pilihan warna Yamaha XMax 250 2023 yakni Dark Petrol, Luxury Red, Premium Black, dan juga Prestige Grey. Untuk harga, Yamaha XMax 2023 Indoensia dijual sebesar Rp66 juta on the road untuk wilayah DKI Jakarta per bulan November 2022. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *