Waspadai Efek Samping Chia Seed Ini!

Efek samping chiaseed.(Foto: jovee)

Sukoharjonews.com – Chia seed adalah biji-bijian kecil yang berasal dari tanaman Salvia hispanica, yakni salah satu jenis tanaman mint. Ukurannya yang kecil biasa digunakan sebagai tambahan topping untuk es buah atau puding. Biji chia sering juga ditambahkan sebagai pelengkap pada makanan diet untuk menambah asupan serat.


Namun, Anda perlu membatasi konsumsi chia seed karena makan berlebihan berisiko menimbulkan dampak berikut. Dikutip dari Healthshots, pada Rabu (12/6/2024), berikut beberapa efek samping chia seed yang tidak boleh Anda abaikan:

1. Meningkatkan risiko masalah gastrointestinal
Pernahkah Anda mengalami ketidaknyamanan pencernaan setelah mengonsumsi chia seed? Biji chia kaya serat dan terlalu banyak serat dapat menyebabkan masalah perut, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Diet and Health. Mungkin karena chia seed menyerap air dan mengembang di perut. Jika tidak dikonsumsi dengan sedikit cairan, dapat memicu rasa tidak nyaman, kembung, sembelit, bahkan penyumbatan usus.

2. Dapat meningkatkan resiko kanker
Biji chia mengandung sejenis asam lemak omega-3 yang disebut asam alfa-linolenat (ALA), yang penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Meskipun secara umum diyakini menyehatkan, beberapa penelitian termasuk yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers and Prevention, telah mengaitkan konsumsi ALA dengan peningkatan risiko kanker prostat.


3. Menurunkan tekanan darah
Tahukah Anda mengonsumsi biji chia bisa menurunkan tekanan darah? Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes Care menemukan bahwa konsumsi biji chia secara terus menerus selama 12 minggu mengurangi tekanan darah di antara para partisipan. Meskipun mengonsumsi biji chia baik bagi penderita tekanan darah tinggi, namun bisa berbahaya bagi penderita tekanan darah rendah.

4. Dapat memicu reaksi alergi
Meski jarang terjadi, mengonsumsi biji chia dapat memicu reaksi alergi pada beberapa orang. Alergi paling umum yang mungkin Anda alami setelah mengonsumsi makanan tersebut adalah alergi makanan seperti muntah, diare, dan gatal-gatal pada bibir atau lidah. Jika dibiarkan, alergi makanan yang disebabkan oleh biji chia dapat menyebabkan kondisi yang mengancam jiwa yang disebut anafilaksis, yang membuat Anda sulit bernapas.


5. Risiko tersedak
Jika Anda tidak merendam biji chia sebelum dikonsumsi, biji chia dapat mengembang di tenggorokan dan menyebabkan penyumbatan, sehingga dapat meningkatkan risiko tersedak. Biji chia kering membengkak dan menyerap sekitar 12 kali beratnya dalam cairan ketika dicampur dengan air, demikian temuan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Food Science and Technology. Jadi, pastikan Anda merendam bijinya sebelum dikonsumsi.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *