Waspada dan Teliti, Masih Ada Produk Kedaluwarsa Dijual di Pasaran

Salah satu petugas sidak menunjukkan kernel jagung kemasan kaleng yang sudah kedaluwarsa dan masih dijual di Mitra Swalayan, Selasa (21/5).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Tim gabungan yang dikoordinasi Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Sukoharjo melakukan inspeksi mendadak (sidak) peredaran produk makanan dan minuman di supermarket. Ada beberapa supermarket yang disasar antara lain Superindo Kartasura, Lottemart The Park Mall Solo Baru, dan Mitra Swalayan Sukoharjo Kota. Dalam sidak tersebut petugas menemukan sejumlah produk kedaluwarsa dan masih dijual bebas.



“Untuk produk kedaluwarsa kami temukan di Lottemart berupa jus kemasan gelas. Juga kernel jagung kaleng merek “Delmonte” dan jamur kaleng merek “mushrooms” dan Mitra Swalayan,” jelas Suryanto, salah satu petugas sidak, Selasa (21/5).

Dikatakan Suryanto, jumlah kernel jagung kaleng yang kedaluwarsa 9 Mei 2019 dan masih dijual ada tujuh kaleng, sedangkan jamur kaleng yang kedaluwarsa sejak Januari 2019 ada tiga kaleng. Selain produk kedaluwarsa, petugas juga menemukan produk yang kemasannya mengalami kerusakan. Seperti produk susu bendera kaleng lima, indomilk tujuh, Carnesen tiga, dan cap enak satu kaleng.

Produk-produk yang kedaluwarsa dan kemasan rusak langsung kami minta untuk ditarik dari pajangan. Selain itu, manajemen juga diminta untuk mengecek seluruh produk karena petugas tidak bisa mengecek satu persatu-satu. Diharapkan tidak ada lagi produk makanan maupun minuman yang kedaluwarsa tapi masih dijual bebas karena merugikan konsumen.

Suryanto juga mengatakan, dalam sidak di Superindo Kartasura, petugas mendapat tiga kaleng susu Frisian Flag yang kemasannya rusak. Untuk sidak di Lottemart The Park Mall, ujar Suryanto, ada beberapa produk yang kemasannya rusak, seperti susu kaleng, sarden, madu, dan lainnya. “Kami juga menemukan satu jus kemasan gelas yang sudah kedaluwarsa di awal bulan Mei ini,” ujarnya.

Dia menambahkan, secara umum memang tidak ada sanksi pada manajemen karena petugas hanya meminta produk langsung ditarik dari peredaran. Diharapkan dalam sidak-sidak berikutnya tidak ada lagi produk kedaluwarsa yang masih dijual. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed