Ragam  

Warga Pulosari Sulap Bantaran Sungai Kumuh Menjadi Taman dan Ruang Publik

Plt Camat Sukoharjo, Havid Danang PW saat meresmikan Taman Losari di Kelurahan Gayam, Minggu (7/3/2021).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Warga Kampung Pulosari, Kelurahan Gayam, Sukoharjo membuat secara swadaya menyulap bantaran sungai yang sebelumnya kumuh menjadi taman dan juga ruang publik. Bantaran tersebut kemudian dinamakan Taman Losari dan diresmikan pembukaannya oleh Plt Camat Sukoharjo, Havid Danang PW, Minggu (7/3/2021).



“Peresmian Taman Losari ini sebagai bukti masyarakat di Pulosari, Kelurahan Gayam mampu berdaya bersama-sama. Merubah bantaran sungai yang semula kumuh menjadi sebuah taman dan ruang publik yang patut diapresiasi bersama,” ujar Havid.

Dikatakan Havid, pembuatan taman tersebut murni swadaya masyarakat dengan mmemberdayakan Kelompok Dasa Wisma (Pokdawis) yang ada di Pulosari. Diharapkan, setelah Taman Losari diresmikan dan dibuka untuk umum, pengelola komitmen untuk melestarikannya. Termasuk masyarakat sekitarnya.

Menurutnya, Taman Losari terbagi dalam lima blok yang terdiri dari lima Pokdawis di lingkungan tersebut. Taman Losari sendiri dilengkapi dengan wahana wisata air dilengkapi perahu dayung, spot foto, dan juga aneka kuliner setiap minggu pagi.

“Selama sudah banyak goweser yang sudah tiap minggu. Saya harap keberadaan taman ini mampu memberikan dampak yang positif bagi masyarakat,” ujarnya.

Havid juga menambahkan, untuk panitia yang mengelola taman untuk tetap menjaga protokol kesesehatan. Disisi lain, juga memberikan fungsi sosial sebagai ruang publik masyarakat dan menjadi contoh wilayah lain. Juga memberikan fungsi ekonomi bagi warga yang berjualan di lokasi tersebut. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.