Waduh, Ada Perangkat Desa Baru Tidak Tahu Kantor Pemda

Sebanyak 500 Perangkat Desa (Perdes) baru hasil pengisian tahun 2017 mendapat pembinaan dan pengarahan dari Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya di Pendopo Graha Satya Praja (GSP) Pemkab, Senin (8/1).

Sukoharjonews.com (Bendosari) – Ada cerita lucu sekaligus menggelikan mengiringi acara pembinaan dan pengarahan terhadap Perangkat Desa (Perdes) baru di Pendopo Graha Satya Praja (GSP) Pemkab, Senin (8/1) ini. Cerita lucu tersebut ketika ada Perdes baru yang “keblasuk” ke rumah dinas bupati untuk mengikuti acara tersebut.



“Tadi dapat laporan Satpol PP yang tugas di rumah dinas katanya ada Perdes yang “keblasuk” sampai rumah dinas. Padahal, seharusnya datang ke Pendopo GSP. Lucunya lagi, Perdes itu masih nanya dimana Pendopo GSP itu. Ini kan dagelan ada Perdes yang belum tahu Pendopo GSP Pemkab,” ujar Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya disambut gelak tawa seluruh undangan.

Menurutnya, sejak awal dirinya sudah berkomitmen untuk menciptakan jajaran Perdes yang bersih sehingga Perdes yang dihasilkan juga berkualitas. Untuk itu, dirinya berharap banyak pada Perdes baru agar bisa memberikan teladan yang baik. Intinya, harus bisa bekerja dengan baik.

“Karena sudah dilantik, saya hanya bisa minta agar bekerja dengan baik. Tunjukkan pada masyarakat kalau mampu bekerja dengan baik. Jangan aneh-aneh,” tandasnya.

Wardoyo juga menegaskan setelah dilantik menjadi Perdes untuk tidak melakukan pungutan pada masyarakat ketika memberikan pelayanan. Jangan sampai ketika diminta tolong oleh warganya lantas minta bayaran. Jadi, kuncinya adalah tidak main-main dan bekerja dengan baik.

Wardoyo juga mengatakan, saat ini desa mendapat alokasi dana yang sangat besar. Baik dari dana desa pemerintah pusat maupun Alokasi Dana Desa (ADD) dari APBD kabupaten. Saat ini, setidaknya pemerintah desa menerima dana sekitar Rp2 miliar. “Yang biasanya tidak pernah ngurus duit tiba-tiba pegang duit besar tentunya godaannya juga besar. Jadi, jangan main-main,” pungkasnya.

Sedangkan Kabag Pemdes Setda Pemkab Sukoharjo Setyo Aji Nugroho mengatakan, Perdes yang mendapatkan pembinaan dan pengarahan dari Bupati merupakan hasil pengisian 2017 lalu. Menurutnya, terdapat 500 orang Perdes. Yang terdiri dari 78 Sekretaris Desa (Sekdes) hasil mutasi antar Perdes serta 422 Perdes hasil penjaringan.

“Setelah ini, kami juga akan mengagendakan pendidikan dan latihan di Tawangmangu selama satu pekan pada Perdes baru,” ujarnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.