Ragam  

Unik, Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, DLH Sukoharjo Gelar Upacara di TPA Sampah

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukoharjo menggelar upacara di TPA Sampah Mojorejo dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Rabu (5/6/2024).

Sukoharjonews.com – Upacara di lapangan, halaman kantor, dan lainnya sudah biasa. Namun, bagaimana jika upacara dilakukan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA sampah? Itulah yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukoharjo saat memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Rabu (5/6/2024).


Upacara tersebut dipimpin oleh Kepala DLH Sukoharjo, Agus Suprapto dengan peserta upacara adalah pemulung, petugas pengangkut sampah, dan seluruh ASN DLH Sukoharjo.

Dalam kesempatan itu Agus mengatakan, isu Lingkungan telah berkembang menjadi isu utama.Lingkungan hidup yang baik dan sehat adalah tujuan bersama dan bagian pemenuhan Hak Asasi Manusia.

Menurutnya, tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diusung oleh Indonesia adalah ”Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan”. Tema tersebut menjadi pengingat sekaligus ajakan bahwa penyelesaian akar masalah krisis iklim harus diselesaikan dengan inovasi yang dilaksanakan secara konsisten oleh seluruh pemangku kepentingan, sekaligus harus mengedepankan prinsip keadilan dan inklusvitas.

Prinsip keadilan menekankan bahwa manfaat dari pemulihan lahan harus dirasakan oleh semua lapisan masyarakat, terutama yang paling rentan terhadap dampak perubahan iklim,” ujarnya.


Agus juga mengatakan, pendekatan ini mencakup melibatkan komunitas lokal dalam proses pengambilan keputusan, memastikan akses yang adil terhadap sumber daya alam, dan mengakui serta menghargai pengetahuan tradisional dalam praktik pemulihan lahan.

“Dengan demikian, upaya pemulihan lahan tidak hanya berkontribusi pada solusi iklim yang inovatif tetapi juga mempromosikan keadilan sosial dan lingkungan,” ujarnya.

Agus juga mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada berbagai pihak yang telah berperan dan melakukan upaya pelestarian lingkungan di Kabupaten Sukoharjo. Ia menambahkan, Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024 ini menjadi momen penting untuk terus menumbuhkan, meningkatkan kesadaran dan kepedulian secara konsisten dalam upaya memperbaiki lingkungan secara berkelanjutan. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *