UN Tingkat SMP 100% Berbabis Komputer, Diikuti 12.214 Siswa

Semua sekolah tingkat SMP 100% melaksanakan UNBK tahun ini. Salah satunya SMPN 1 Sukoharjo

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Sebanyak 12.214 siswa tingkat SMP dipastikan siap mengikuti pelaksanaan Ujian Nasional (UN). Tahun ini, semua sekolah tingkat SMP sudah 100% melaksanakan UN Berbasis Komputer (UNBK). Meski begitu, belum semua sekolah menggelar UNBK secara mandiri karena sejumlah SMP swasta masih harus menumpang ke sekolah lain karena keterbatasan sarana prasarana.



“Terkait pelaksanaan UNBK tingkat SMK sudah dilakukan persiapan khususnya mengenai sarana prasarana pendukung berupa komputer dan jaringan internet,” jelas Kabid Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo Dwi Atmojo Heri, Selasa (10/4).

Dikatakan Heri, 12.214 siswa yang akan mengikuti UNBK tahun ini merupakan total siswa sekolah negeri dan juga swasta. Untuk sekolah negeri, dipastikan semuanya akan menggelar UNBK secara mandiri. Sedangkan sekolah swasta tetap menggelar UNBK meski harus menumpang ke sekolah lain.

Menurutnya, sesuai data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo, diketahui total ada 86 sekolah baik SMP/MTs negeri dan swasta akan menggelar UNBK. Terdiri dari 41 SMP Negeri, 29 SMP swasta, 3 MTs Negeri dan 13 MTs swasta. Pelaksanaan UNBK mandiri akan dilaksanakan di 74 SMP dan MTs. Sekolah tersebut yakni, 41 SMP Negeri dan 21 SMP swasta, 2 MTs Negeri dan 10 MTs swasta.

“Selain itu masih ada sekolah yang menyelenggarakan UNBK secara menumpang yakni 12 SMP dan MTs, rinciannya 8 SMP swasta, 1 MTs Negeri dan 3 MTs swasta,” paparnya.

Untuk rincian siswa sendiri, ujar Heri, peserta UNBK di SMP Negeri sebanyak 8.192 siswa, SMP swasta 1.694 siswa, MTs Negeri 808 siswa dan MTs swasta 1.520 siswa. Semua siswa tersebut semuanya sudah terdata dan dipastikan ikut UNBK di sekolahnya masing-masing.

Sesuai tahapan yang ada, untuk sinkronisasi UN SMP/MTs dilaksanakan 20-26 April. Sedangkan pelaksanaan UN digelar 23-26 April. Sinkronisasi UN susulan SMP/MTs 7 Mei dan UN susulan 8-9 Mei. Pemindaian 24 April-11 Mei, pengiriman hasil pemindaian 12 Mei, skoring 8-18 Mei, dan penyerahan hasil ke provinsi 18 Mei.

“Pengumuman kelulusan SMP/MTs dilaksanakan 23 Mei di masing-masing sekolah dengan diambil oleh orang tua siswa,” kata Heri.

Kepala Disdikbud Sukoharjo Darno menambahkan, sekolah sudah diminta melakukan persiapan dengan matang untuk penyelenggaraan UNBK. Kesiapan meliputi guru dan peralatan untuk pelaksanaan UN. Sekolah juga sduah menggelar ujicoba pelaksanaan UNBK dan berjalan lancar. Ujicoba penting mengingat ada perubahan signifikan dalam proses mengerjakan UN. Dari pengerjaan manual berubah ke sistem online komputer. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.