Ujicoba PTM Sekolah Swasta Menunggu Ujicoba PTM Sekolah Negeri Selesai

Pelaksanaan ujicoba PTM di sekolah negeri Sukoharjo. Untuk sekolah swasta menunggu giliran.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Setelah sekolah negeri melakukan ujicoba Pembelajaran Tatap Muka (PTM), muncul pertanyaan kapan sekolah swasta melakukan ujicoba PTM? Terkait pertanyaan itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo menyatakan ujicoba PTM untuk sekolah swasta menunggu pelaksanaan ujicoba PTM sekolah negeri selesai.



“Memang ada sekolah swasta yang mampu melakukan ujicoba PTM, namun yang belum mampu jangan memaksakan diri melakukan ujicoba,” ujar Kepala Disdikbud Sukoharjo, Darno, Rabu (21/4/2021).

Dikatakan Darno, sesuai kebijakan pemerintah pusat, ujicoba PTM baru dilaksanakan untuk sekolah negeri jenjang SMP, SMA, MA dan SMK negeri. Untuk ujicoba PTM di sekolah swasta belum direncanakan dan baru akan dilakukan setelah ujicoba PTM tahap kedua di sekolah negeri selesai. Darno meminta sekolah swasta untuk bersabar dan tidak memaksakan diri melakukan ujicoba PTM.

“Untuk melakukan ujicoba PTM banyak syarat terkait kelengkapan sarana dan prasarana protokol kesehatan di sekolah. Kemungkinan untuk swasta setelah ujicoba tahap 2 selesai. Mungkin sekitar Mei nanti karena tahap 2 baru selesai 30 April,” ujarnya.

Darno juga mengatakan, dinas sudah menerima pengajuan untuk ujicoba PTM di SMA dan SMK negeri dan swasta. Namun, untuk pelaksanaannya harus koordinasi dengan provinsi karena jenjang SMA menjadi kewenangan provinsi. Untuk itu, ujicoba PTM untuk jenjang SMA selanjutnya masih menunggu provinsi terlebih dahulu. “Ada 20 SMA/SMK baik negeri atau swasta yang mengajukan untuk melakukan ujicoba PTM,” ujarnya.

Kepala Bidang (Kabid) SMP Disdikbud Sukoharjo, Warsini menambahkan, untuk jenjang SMP baru sekolah negeri yang melakukan ujicoba PTM. Untuk saat ini, ujar Warsini, baru sekolah negeri yang melakukan ujicoba. Kemungkinan untuk sekolah swasta juga akan melakukannya setelah ujicoba tahap 2 untuk sekolah negeri selesai.

“Untuk ujicoba tidak hanya menyiapkan sekolah saja, tapi banyak kesiapan yang lain terkait protokol kesehatan seperti vaksinasi untuk guru dan lainnya,” katanya. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 3 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed