Tips  

Tips Tetap Produktif di Masa Pandemi Ala Raditya Dika

Ilustrasi.

Sukoharjonews.com – Pandemi corona menjadikan seseorang harus beradaptasi dengan lingkungan, sekolah maupun pekerjaan. Seseorang harus bisa beradaptasi dengan perubahan gaya hidup maupun lingkungan setempat. Misalnya dari pekerjaaan atau kegiatan sekolah yang semula dilakukan secara luring sekarang harus dilakukan secara daring.


Perubahan dan adaptasi ini mengharuskan seseorang untuk dapat terus produktif ditengah pandemi. Dikutip dari Channel Youtube Raditya Dika, berikut ini tips tetap produktif dengan waktu terbatas menurut Raditya Dika:

1. Membuat to do list dan mencatat
To do list berisi daftar pekerjaan yang harus dilakukan pada hari itu dan diurutkan sesuai dengan prioritas kualitas pekerjaan. Cara ini berguna untuk menjadi produktif karena seseorang merasa mempunyai tanggung jawab lebih untuk mengerjakannya, jika tidak ada daftar pekerjaan, biasanya akan muncul pemikiran malas sehingga pekerjaan dapat tertunda atau lebih dari deadline yang ditentukan.

2. Mengerjakan sesuatu yang kecil
Mengerjakan sesuatu yang kecil dilakukan dengan membagi tugas besar ke dalam satuan yang lebih kecil sehingga dalam mengerjakan sesuatu akan terasa lebih ringan. Biasanya jika mendapat tugas yang besar sering sekali menundanya karena kelihatan banyak dan sulit, akhirnya akan menunuda dan hasil yang dikerjakan kurang maksimal. Caranya dengan membagi tugas atau mencicil tugas sehingga tugas akan terasa lebih ringan.

3. Membuat banyak proyek atau tugas secara bersamaan
Cara ini jika dilihat secara bersamaan akan lebih sulit atau membebani atau lebih baik fokus kesatu proyek. Tetapi, Raditya Dika yang mempunyai sifat cepat bosan mengerjakan sesuatu yang monoton akan cocok dengan melakukan pekerjaan secara bersamaan atau sepanggal-sepenggal. Menggunakan gaya ini yang perlu diingat adalah selalu fokus dengan tujuan awal sehingga semua proyek dapat dikerjakan dengan baik.


4. Jangan lupa bersenang-senang
Maskudnya seseorang harus bisa mengkombinasi waktu main dan kerja untuk mendapatkan keseimbangan. Jika seseorang sudah mulai tidak fokus dalam melakukan pekerjaan beristirahat dan melakukan sesuatu yang menyenangkan sehingga pekerjaan akan tetap baik dan maksimal.

5. Mempunyai jam yang spesifik
Mempunyai waktu yang spesifik adalah mempunyai waktu yang khusus digunakan untuk kerja. Misalnya setiap bangun tidur seseorang mempunyai waktu khusus untuk mengerjakan tugas selama 1 jam dan sebagainya. Waktu spesfik ini juga bisa dengan menyisikan 2/3 jam untuk mengerjakan tugas yang terpenting dapat konsisten.

6. Kurangi meeting dan hal yang tidak penting
Seringkali melaksanakan meeting justru tidak menemukan pokok pekerjaan atau tidak produktif. Selanjutnya mengurai kegiatan yang tidak penting, hal yang dapat dilakukan adalah mendownload aplikasi yang membantu pekerjaan. Meminimalisir jumlah aplikasi handphone juga bisa menghindari distraksi sehingga tidak tergoda untuk membuka handphone.

7. Olah raga sambil melamun
Menurut Raditya Dika melakukan olahraga dan melamun secara pribadi metode ini dapat menghasilkan proyek.

8.Delegasi
Delegasi bisa digunakan jika mempunyai projek yang besar dan seseorang tidak dapat berpikir secara makro dapat menggunakan metode delegasi sehingga mempunyai waktu untuk berpikir hal yang lebih strategis. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. (isnaini-magang 03/nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *