Tips  

Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan yang Wajib Diterapkan

Menjaga kesehatan dimusim hujan. (Foto: primadaily)

Sukoharjonews.com – Musim hujan dapat memberikan efek yang signifikan pada kesehatan manusia. Pada satu sisi, hujan dapat membantu membersihkan udara dari polusi dan mengurangi suhu udara yang tinggi. Namun, pada sisi lain, hujan juga dapat memperburuk masalah kesehatan tertentu seperti infeksi saluran pernapasan dan kulit.


Selama musim hujan, risiko terkena flu, batuk, dan pilek lebih tinggi karena kelembaban udara yang tinggi dan suhu yang rendah. Selain itu, hujan juga dapat memicu pertumbuhan jamur dan bakteri pada permukaan yang lembap seperti dinding rumah dan perabotan. Hal ini dapat memicu alergi dan masalah pernapasan pada orang yang rentan terhadap kondisi ini. Dikutip dari Greeners, pada Selasa (28/11/2023), berikut tips menjaga kesehatan di musim hujan:

1. Konsumsi multivitamin
Saat musim hujan, tubuh kita pun otomatis harus bisa beradaptasi dengan kondisi tersebut. Sistem kekebalan tubuh juga perlu asupan untuk mempertahankan diri dari penyakit.

Mengonsumsi makanan sehat dan multivitamin agar tubuh tetap bugar. Suplemen vitamin pun harus mengandung vitamin C atau zink. Kandungan itu baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sebab efektif melawan infeksi.


2. Cuci tangan secara teratur
Menjaga kesehatan saat musim hujan juga sangat penting. Menekankan pentingnya mencuci tangan dengan benar dan melakukannya secara konsisten. Mencuci tangan secara teratur adalah langkah pertama untuk mencegah penyakit. Sangat penting untuk mencuci tangan karena bakteri dan penyakit yang ditularkan melalui air seperti diare dan demam berdarah lebih aktif selama musim hujan. Sebelum makan, pastikan harus mencuci tangan. Gosoklah tangan dengan sabut setidaknya selama 20 detik, lalu bilas hingga bersih dengan air mengalir.

3. Lindungi rumah dari nyamuk
Penyakit demam berdarah dan malaria umum terjadi pada musim hujan. Sebab, nyamuk berkembang biak pada periode tersebut. Kita perlu menjaga lingkungan agar tetap bersih. Periksalah genangan air dan pot tanaman, selokan, serta semak-semak. Langkah ini akan mencegah nyamuk menciptakan tempat berkembang biaknya. Untuk mencegahnya, Anda bisa membeli obat nyamuk di toko atau memilih bahan alami seperti lavender dan serai. Selain itu, gunakan kelambu saat tidur untuk melindungi diri dari nyamuk.


4. Tingkatkan asupan cairan
Anda harus meningkatkan asupan cairan. Hal ini akan membantu membersihkan tubuh dari kuman dan bakteri. Peningkatan asupan air juga membantu mencegah batuk dan pilek. Oleh sebab itu, Anda perlu mengonsumsi air putih secara cukup. Selain air putih, saat musim hujan ini baik untuk mengonsumsi minuman hangat seperti jahe dan teh untuk mengurangi sakit tenggorokan.

5. Konsumsi makanan sehat
Anda bisa mengonsumsi makanan sehat secara rutin. Sebab, hal itu dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan dan membantu tubuh untuk membangun resistensi dan melawan penyakit. Supaya lebih mudah, buat perencanaan menu untuk menjalankan pola makan yang bisa menunjang kesehatan. Jika kalian menyantap makanan di restoran, penting untuk menjaga kebiasaan makan sehat ini dengan memilih makanan yang mengandung cukup protein, vitamin, serta mineral.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *