Tips Mengurangi Kembung yang Bisa Anda Coba

Mengatasi perut kembung.(Foto: yesdok)

Sukoharjonews.com – Perasaan terlalu kenyang yang Anda rasakan di perut setelah makan terlalu banyak. Atau mungkin jenis makanan yang Anda makan, atau seberapa cepat Anda memakannya, atau terlalu banyak garam, lemak, atau gula, yang menyebabkan gas, penambahan berat badan, sembelit, atau retensi air. Kondisi medis tertentu seperti penyakit celiac, penyakit Crohn, sindrom iritasi usus besar, atau kolitis ulserativa juga dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya penyakit ini.


Dilansir dari WebMD, pada Sabtu (11/5/2024), berikut cara mengurangi kembung:

1. Makan Secukupnya
Perutmu hanya sebesar kepalan tangan. Makanan agak padat melalui proses pencernaan, tetapi jika Anda makan terlalu banyak, perut Anda akan meregang, dan itu bisa membuat Anda merasa kembung. Selain itu, terlalu banyak makanan meningkatkan kemungkinan Anda mengonsumsi garam, karbohidrat, lemak, dan kalori secara berlebihan, yang semuanya juga dapat membuat Anda merasa kembung.

2. Batasi Garam
Tubuh Anda membutuhkannya untuk bekerja, tetapi kebanyakan dari kita mendapatkan lebih dari yang kita butuhkan. Ini mendorong tubuh Anda untuk menahan lebih banyak air, yang bisa membuat Anda merasa kembung. Hal ini juga dapat menyebabkan masalah ginjal dan tekanan darah tinggi. Anda mungkin mendapatkan lebih banyak garam dalam makanan Anda daripada yang Anda sadari dari makanan olahan dan cepat saji. Jadi periksalah label makanan untuk mengetahui kadar garam (natrium) dan ingat: Hanya karena Anda tidak mencicipinya, bukan berarti garam tersebut tidak ada.


3. Hindari Karbohidrat
Tubuh Anda memanfaatkan bahan bakar ini lebih cepat dibandingkan protein atau lemak, yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Setelah tubuh Anda menggunakan karbohidrat yang dibutuhkan untuk energi, tubuh menyimpan sisanya: pertama sebagai glikogen, yang membuat tubuh Anda menahan air, dan kemudian dalam sel lemak. Keduanya bisa membuat Anda merasa kembung. Menghindari karbohidrat “sederhana”, seperti roti putih dan kue kering, lebih baik daripada karbohidrat “kompleks”, seperti biji-bijian dan sayuran yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.

4. Pangkas Kalori Lemak
Tubuh Anda membutuhkan waktu cukup lama untuk mencerna lemak. Artinya, makanan tersebut bisa bertahan di perut Anda untuk sementara waktu dan membuat Anda merasa kembung. Plus, ini adalah makanan paling padat kalori yang bisa Anda makan. Kalori tersebut dapat bertambah dengan cepat dan menyebabkan berat badan bertambah, yang juga dapat membuat Anda merasa kembung. Mungkin membantu membatasi kalori lemak dengan protein tanpa lemak, biji-bijian, dan sayuran.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *