Tips  

Tips Menghilangkan Ketombe, Ampuh dan Alami, Silahkan Coba

Ilustrasi ketombe. (Kepogaul.com)

Sukoharjonews.com – Aduuuuh…ketombe, nyebelin deh. Gimana caranya ya menghilangkan ketombe. Ada yang berpesepsi jika ketombe hilang dengan shampo. Lalu, bagaimana kalau tidak dengan shampo?. Pasalnya, kalau pakai shampo ketombe bisa muncul lagi. Selain itu, kita jadi tergantung dengan shampo untuk menghilangkan ketombe. Itulah problem yang sering kita dialami. Tidak hanya perempuan, problem ini juga dialami oleh laki-laki.



Pada dasarnya, penyebab ketombe adalah penggunaan shampo yang tidak cocok dengan jenis kulit kepala kita. Dikutip dari www.manjadda.com, penyebab ketombe selanjutnya bisa disebabkan karena adanya fungi atau jamur yang tumbuh pada kulit kepala. Cuaca yang panas juga dapat menjadi penyebab munculnya ketombe di kepala. Bahkan, sisa shampo yang tidak dibilas hingga bersih juga dapat menyebabkan munculnya ketombe.

Adanya ketombe yang membandel membuat kita tidak percaya diri. Terlebih lagi bila menggunakan pakaian berwarna gelap. Ada beberapa obat ketombe alami yang biasa digunakan orang zaman dahulu untuk merawat kesehatan rambutnya. Bukan saja untuk menghilangkan ketombe, namun bahan-bahan berikut ini juga dapat menghilangkan gatal di kepala, menyehatkan rambut, menghitamkan rambut dan menghaluskan rambut.

1. Minyak Zaitun
Minyak zaitun dapat mudah kita beli pada minimarket terdekat. Cara pengggunaanya juga sangat mudah. Oleskan minyak zaitun pada rambut, usahakan untuk mengenai kulit kepala. Karena memang dibagian inilah yang bermasalah. Jangan lupa berikan pijatan lembut agar mudah meresap. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih seperti biasanya. Untuk lebih mudahnya lakukan 30 menit sebelum mandi.

Lidah Buaya. (Tribunnews.com)

2. Lidah Buaya
Lidah buaya memiliki karakteristik bersifat dingin yang dapat menyegarkan kulit kepala. Haluskan daging lidah buaya secukupnya, kemudian ratakan pada permukaan kulit kepala. Pijat untuk memudahkan lidah buaya sampai pada kulit kepala. Biarkan selama 30 menit, kemudian bilas hingga bersih.

3. Jeruk Nipis dan Santan
Campurkan kedua bahan ini sebagai obat alami untuk menghilangkan ketombe. Selanjutnya oleskan pada rambut dan pastikan menyentuh kulit kepala. Bilas hingga bersih setelah didiamkan selama 20 menit.



4. Cuka
Cuka biasanya digunakan untuk makanan. Tahukah anda bahwa cuka ternayta cukup ampuh untuk menghilangkan ketombe di kulit kepala kita. Cuka merupakan zat yang bersifat abrasif, dengan penggunaan cuka kita akan mudah untuk menghilangkan kulit mati yang terkelupas. Anda harus berhati-hati saat menggunakan cuka putih. Jangan terlalu banyak dalam penggunaannya.

5. Baking Soda
Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan baking soda yang biasanya kita gunakan untuk membuat roti. Namun yang perlu diperhatikan, jangan terlalu banyak dan terlalu sering menggunakan baking soda. Cara penggunaanya juga sangat mudah, tinggal campurkan baking soda dengan air hangat. Kemudian aplikasikan pada kulit kepala.

Lemon. (Intissari-grid.id)

6. Lemon
Buah yang sudah tidak asing lagi, ciri khas buah ini memiliki warna kuning cerah. Cara menghilangkan ketombe dengan lemon ini juga sangat mudah. Peras lemon kemudian gunakan untuk membasuh kepala. Pastikan perasan lemon mengenai kulit kepala.

7. Daun Pandan
Daun pandan biasanya digunakan untuk pewarna hijau alami atau untuk menyedapkan makanan. Namun kali ini kita akan menggunakan daun panda untuk mengatasi ketombe secara alami. Haluskan daun panda, jika perlu kita bisa tumbuk hingga halus. Jangan menggunakan blender, cukup dengan ditumbuk. kemudian tambahkan sedikit air hangat dan bilas kepala dengan perasan daun pandan ini.



8. Kangkung
Kangkung merupakan salah satu bahan makanan yang biasa dimanfaatkan untuk memasak. Namun ternyata kangkung juga bisa dimanfaatkan untuk membuat obat ketombe. Rebus daun kangkung dengan 2 gelas air, gunakan air rebusan ini untuk mencuci rambut dan kepala.

9. Bawang Merah
Dahulu orang jawa selalu memberikan bawang merah yang ditumbuk kemudian diletakkan pada kepala bayi untuk menghangatkan bayi. Ternyata hal ini bisa kita tiru untuk menghilangkan ketombe membandel secara cepat. Haluskan bawang merah, atau cukup belah bawang merah menjadi dua. Kemudian oleskan pada kulit kepala. MInta bantuan teman atau keluarga mu jika kamu merasa kesulitan.

Daun Neem. (Tampilcantik.com)

10. Daun Neem
Cara penggunaanya ialah dengan merebus 2 lembar daun neem dengan satu gelas air. Gunakan air hasil perasan untuk mencuci permukaan kulit kepala kita.

11. Tea Tree Oil
Tea tree oil bersifat anti fungi. Cara penggunaannya juga sangat mudah. Cukup masukkan satu sendok makan tea tree oil dan dicampur dengan satu secangkir air hangat. Kemudian semprotkan pada area kepala.



12. Garam
Langkahnya sangat mudah, cukup basahi terlebih dahulu kepala kita dengan air bersih. Kemudian taburkan sedikit garam dan gosokkan pada kulit kepala. garam bersungsi sebagai scrub alami untuk mengangkat sel kulit mati. Kemudian bilas dan shampoan hingga bersih.

13. Penuhi Asupan Nutrisi
Salah satu penyebab munculnya ketombe ialah karena kurangnya nutrisi rambut kita. Maka dari itu penuhi kebutuhan nutrisi baik melalui makanan atau gunakan produk kesehatan rambut.

Minyak Almond. (Tamvan.me)

14. Minyak Almond
Cara penggunaan minyak almond ini sama dengan minyak zaitun. Cukup oleskan secara merata minyak almond pada kulit kepala kita.

15. Minyak Kemiri
Minyak kemiri sudah sejak lama dikenal sebagai bahan alami untuk mengatasi masalah pada rambut seperti ketombe, rambut rontok dan rambut kusam.

Itulah 15 cara menghilangkan ketombe secara alami dan cepat. Pilih salah satu dan lakukan dengan teratur. Semoga bermanfaat dan membantu dalma mengatasi ketombe membandel di kepala Anda. (*)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments