Tips Efektif Meningkatkan Kadar Hemoglobin Secara Alami

Meningkatkan kadar hemoglobin.(Foto: yesdok)

Sukoharjonews.com – Hemoglobin adalah protein yang ditemukan dalam sel darah merah yang membantu mengangkut oksigen dari paru-paru ke berbagai jaringan dan organ tubuh. Mempertahankan kadar hemoglobin penting untuk meningkatkan fungsi tubuh Anda karena oksigen sangat penting untuk respirasi sel, yang merupakan proses menghasilkan energi melalui sel-sel Anda. Hemoglobin juga membantu mengangkut karbon dioksida dari jaringan ke paru-paru. Hal ini memungkinkan hemoglobin Anda dikeluarkan dari tubuh saat Anda mengeluarkan napas. Dengan kata lain, hemoglobin mengandung zat besi yang memungkinkannya membawa oksigen ke seluruh tubuh dan menyerapnya dari udara yang kita hirup.


Dikutip dari Healthshots, pada Sabtu (1/6/2024), kadar hemoglobin yang rendah bisa jadi merupakan tanda anemia, yang berarti tubuh Anda tidak memproduksi cukup sel darah merah atau berhenti berfungsi dengan baik. Anemia dapat menyebabkan kekurangan oksigen dalam tubuh, yang dapat membahayakan tubuh Anda. Hemoglobin normal dalam darah Anda agar tubuh Anda berfungsi dengan baik harus antara 14 dan 18 g/dl untuk pria dan antara 12 dan 16 untuk wanita.

Jika kemampuan tubuh memproduksi sel darah merah terhambat, hal ini bisa menyebabkan kadar hemoglobin turun. Ketika kadar hemoglobin Anda turun, tubuh Anda tidak bisa mendapatkan cukup oksigen, yang bisa membuat Anda merasa sangat lemah dan lesu.


Bagaimana cara meningkatkan hemoglobin?
Berikut beberapa cara mudah dan cepat untuk meningkatkan jumlah hemoglobin Anda secara alami:

1. Tingkatkan asupan zat besi Anda
Zat besi dapat meningkatkan produksi hemoglobin yang juga akan membantu pembentukan sel darah merah baru. Jadi, semakin rendah kadar zat besi, maka jumlah sel darah merah yang muncul di dalam tubuh akan semakin sedikit, artinya oksigen yang diangkut ke seluruh tubuh tidak cukup. Anda dapat memasukkan lebih banyak makanan kaya zat besi ke dalam makanan Anda seperti daging, ikan dan unggas, jeroan, kacang-kacangan, polong-polongan, telur, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, dan biji-bijian untuk meningkatkan kadar hemoglobin Anda.

2. Minum teh jelatang
Jelatang adalah ramuan yang kaya akan vitamin C dan zat besi. Anda bisa memasukkan teh jelatang ke dalam makanan Anda. Ini akan meningkatkan kadar hemoglobin Anda. Ambil beberapa daun jelatang, tambahkan ke dalam air, dan didihkan. Anda bisa membuatnya lebih kuat atau lebih lemah sesuai selera Anda, dengan menambahkan lebih banyak atau lebih sedikit air.


3. Konsumsi vitamin B12
Jika kadar hemoglobin Anda rendah, Anda bisa menambahkan lebih banyak makanan vitamin B12 ke dalam makanan Anda. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Sage Journals menemukan bahwa terdapat korelasi positif antara vitamin B12 dan kadar hemoglobin. Anda dapat menambahkan lebih banyak makanan seperti telur, produk susu, sereal yang diperkaya, dan makanan laut ke dalam makanan Anda untuk menjaga jumlah sel darah Anda.

4. Makan lebih banyak makanan kaya vitamin C
Selain zat besi, Anda perlu meningkatkan asupan vitamin C. Sesuai penelitian yang dipublikasikan di Kidney Research and Clinic Practice vitamin C dapat meningkatkan kadar hemoglobin darah. Beberapa makanan kaya vitamin C yang bisa Anda tambahkan ke dalam menu makanan Anda antara lain jeruk, brokoli, paprika, jeruk bali, tomat, pepaya, kubis Brussel, dan banyak lagi.


5. Tetap terhidrasi
Ketika tubuh Anda tidak memiliki cukup air, hal ini dapat menyebabkan volume darah menurun dan menyebabkan tekanan darah turun. Anda mungkin mengalami demam, muntah, diare parah hingga dehidrasi. Dehidrasi juga dapat memicu anemia, jadi penting untuk minum banyak cairan untuk menjaga kesehatan volume darah dan mencegah semua komplikasi tersebut.

6. Makan lebih banyak buah delima
Sebagai sumber kalsium dan zat besi yang kaya, buah delima bisa menjadi tambahan yang baik untuk diet Anda jika Anda ingin meningkatkan kadar hemoglobin. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Experimental and Therapeutic Medicine menemukan bahwa orang yang minum jus delima selama dua minggu memiliki jumlah sel darah merah, kadar hemoglobin, dan kadar hematokrit yang lebih tinggi.


7. Berolahraga lebih banyak
Tentu saja olahraga dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda, termasuk kadar hemoglobin Anda. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Acta Haematologica menemukan bahwa latihan olahraga dapat meningkatkan kadar hemoglobin total dan massa sel darah merah, sehingga dapat meningkatkan kapasitas pembawa oksigen Anda. Disarankan untuk berolahraga 150 jam seminggu untuk menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *