Tips Agar Rasa Pahit pada Timun Hilang

Tips menghilangkan pahit pada timun. (Foto: food network)

Sukoharjonews.com – Mentimun mengandung 96 persen air dan menjadi makanan yang sempurna untuk mendinginkan usus Anda secara instan. Menurut buku ‘Healing Foods’ oleh DK Publishing, mentimun dikemas dengan mineral, vitamin, dan elektrolit yang membantu menurunkan berat badan, menjaga keseimbangan air tubuh, dan membantu kesehatan kekebalan tubuh. Karenanya, para ahli merekomendasikan untuk menambahkan mentimun ke dalam makanan sehari-hari Anda untuk makanan yang seimbang. Tapi pernahkah Anda bertanya-tanya apa yang membuat mentimun menjadi pahit?


Dikutip dari NDTV Food, pada Kamis (11/5/2023), salah satu alasan utama kepahitan adalah senyawa yang disebut cucurbitacin. Bahan kimia ini diproduksi secara alami dalam mentimun , tetapi ketika tingkat bahan kimianya berubah, hal itu menyebabkan perubahan rasa produk. Semakin tinggi kadar cucurbitacin, maka rasanya akan semakin pahit. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena hal itu bisa diatasi. Simak cara menghilangkan kepahitan pada timun berikut:

1. Kupas kulitnya
Bahan kimia tersebut sering tumbuh di kulit mentimun, sehingga rasanya pahit. Oleh karena itu, disarankan untuk mengupas kulit mentimun sebelum menambahkannya ke dalam makanan Anda.


2. Tambahkan cuka/jus lemon
Anda bisa memercikkan sedikit cuka atau menambahkan jus lemon ke mentimun yang diiris dan diamkan selama sekitar 10 menit. Kemudian bilas sampai bersih dan konsumsi. Asam cuka atau jus lemon sering membantu menetralkan kepahitan mentimun.

3. Lepas dan gosok pinggirannya
Ini adalah salah satu proses paling populer untuk menghilangkan rasa pahit mentimun. Potong ujungnya dan gosokkan pada mentimun. Anda akan menemukan banyak zat putih berbusa yang keluar. Iris dan hilangkan bagian itu dan Anda memiliki mentimun renyah yang siap dinikmati.


4. Tambahkan garam
Sama seperti cuka/jus lemon, garam juga membantu mengurangi rasa pahit mentimun. Tambahkan garam ke mentimun, diamkan selama sekitar 30 menit dan cuci dengan air dingin. Dan Anda memiliki mentimun yang lezat dan renyah yang siap dinikmati.

5. Gunakan garpu
Di sini, Anda harus memotong ujungnya dan menghilangkan kulit mentimun. Kemudian jalankan ujung garpu ke sekeliling dan ulangi metode ini setidaknya dua kali. Ini membantu melepaskan bahan kimia, menghilangkan kepahitan. Cuci mentimun sebelum dimakan. (cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *