Tim PKBI Univet Adakan Seminar Cerita Pewayangan Sebagai Implementasi Bahan Ajar

Seminar cerita pewayangan sebagai implementasi bahan ajar. (Dok.Pribadi)

Sukoharjonews.com (Bendosari) – Tim Penelitian Kompetitif Bidang Ilmu (PKBI) , Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo (Univet Bantara) menggelar Seminar Cerita Pewayangan Sebagai Implementasi Bahan Ajar, pada hari Jum’at (1/3/2024). Kegiatan tersebut dilaksanakan di SD Jombor 1, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo.


Kegiatan ini dihadiri oleh guru SD Jombor 1 Sukoharjo dan guru-guru SMA Veteran 1 Sukoharjo yang menjadi sasaran kegiatan tersebut. Dalam kegiatan ini menghadirkan dua narasumber, yaitu Dr. Veronika Unun P.,M.Pd dan R. Adi Deswijaya, S. S., M.Hum

Lokakarya tersebut bertujuan sebagai pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian. Kegiatan ini mendapatkan sambutan baik dari Kepala Sekolah SD Jombor 1. “Merasa senang karena dapat bekerja sama dan mendapat wawasan baru mengenai cerita pewayangan” Suharni.


Veronika menjelaskan bahwa kegiatan tersebut didasari pada riset yang sudah dikaji yakni mengenai inovasi pembelajaran yang sesui dengan standar Profil Pelajar Pancasila (P5). Dalam seminar ini menekankan pendidikan karakter pada tokoh wayang punokawan, yang dapat dijadikan contoh sifat-sifat baiknya kepada siswa.

Melalui seminar ini diharapkan guru dapat menyampaikan kepada siswa bagaimana sifat atau karakter tokoh pewayangan khususnya punokawan yang dapat dijadikan suri tauladan dalam pendidikan karakter. “Harapannya agar siswa dapat meneladani sifat atau watak luhur pewayangan punakawan” tambahnya (patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *