Tiga Fenomena Langit Unik Pada Gerhana Bulan Total Nanti Malam

Ilustrasi

Sukoharjonews.com (Kartasura) – Malam ini akan terjadi gerhana bulan total atau yang disebut Super Blue Blood Moon. Gerhana diperkirakan mulai terjadi pada pukul 17.51 WIB – 23.08 WIB dan puncak gerhana bulan total terjadi pada pukul 21.07 WIB. Menurut ahli astronomi, fenomena langit langka tersebut mempunyai beberapa keunikan.

Baca Juga: Berikut Niat Salat Gerhana Bulan

Baca Juga: Berita Mega Proyek Masjid Agung Baiturrahman Sukoharjo

Baca Juga: Detik-detik Terjadinya Gerhana Bulan Malam Ini



Kepala Pusat Astronomi Pondok Pesantren Modern Islam (PPM) Assalam, AR Sugeng Riyadi mengatakan ada tiga keunikan gerhana bulan nanti malam. Pertama, bulan sedang berada di jarak paling dekat dengan Bumi. Sehingga bulan akan tampak lebih besar dari bulan purna biasanya.

“Kondisi ini disebut Perigee atau orang awam menyebutnya Super Moon,” kata AR Sugeng Riyadi, Rabu (31/1).

Keunikan yang kedua, lanjut pria yang akrab disapa Pak Ar itu, bulan sedang pada fase purnama kedua kalinya selama kurun waktu satu bulan. Di bulan Januari ini bulan purnama terjadi pada tanggal 2 dan 31 Januari (nanti malam). “Orang awam menyebutnya sebagai Blue Moon,” imbuhnya.

Sementara, keunikan yang ketiga, saat totalitas gerhana, bulan akan berwarna kemerah-merahan atau yang sering disebut dengan istilah Blood Moon. “Bulan saat totalitas gerhana berwarna kemerahan,” tuturnya.

Pak AR mengatakan, fenomena alam ini menarik untuk diamati. Karena itu pihaknya mengajak masyarakat mengamati proses terjadinya gerhana bulan nanti malam di Pondok Pesantren Modern Islam (PPM) Assalam, Pabelan, Kartasura Sukoharjo. Observasi gerhana bulan total ini akan dimulai pukul 19.00–22.00 WIB.

Selain itu, di masjid pondok pesantren setempat juga akan menggelar salat gerhana bulan. “PPM Assalam juga akan menggelar Salat Gerhana di Masjid Assalam. Salat akan dilaksanakan pukul 20.00 WIB,” imbuhnya. (sofarudin)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *