Ternyata Segini Kapasitas SPAM Semarang Barat Yang Dibangun Kementerian PUPR

SPAM Semarang Barat yang tengah dibangun Kementerian PUPR. (Foto: Kemen PUPR)

Sukoharjonews.com (Jakarta) – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya meningkatkan akses air bersih bagi seluruh masyarakat Indonesia dan mendukung program pencegahan stunting atau gangguan pertumbuhan pada balita. Salah satunya melalui peningkatan jaringan layanan air bersih perpipaan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dimana saat ini tengah dilakukan pembangunan SPAM Semarang Barat sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN).


Dilansir dari laman resmi Kementerian PUPR, Rabu (23/3/2022), Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, menyampaikan bahwa layanan SPAM diutamakan untuk pemenuhan kebutuhan domestik agar masyarakat menikmati air minum berkualitas dengan harga terjangkau, berkesinambungan selama 24 jam. Selain itu, juga meningkatkan perbaikan kesehatan masyarakat yang berhubungan dengan air bersih.

Menurutnya, sumber air baku SPAM Semarang Barat berasal dari Bendungan Jatibarang yang disalurkan melalui jaringan perpipaan air baku sepanjang 2.500 meter dan jaringan perpipaan distribusi (utama dan pembagi) sepanjang 53.500 meter. SPAM Semarang Barat rencananya memiliki kapasitas 1.000 liter/detik yang dapat melayani 70.000 sambungan rumah (SR) atau 350.000 jiwa.

Kehadiran SPAM tersebut diharapkan dapat menjawab permasalahan krisis air bersih dan penurunan permukaan tanah karena penggunaan air tanah di Kota Semarang.

Proyek senditi dimulai pada 4 November 2021 dan ditargetkan rampung pada 28 Desember 2022. SPAM Semarang Barat merupakan pilot project pembangunan SPAM dengan skema pendanaan Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) di Indonesia dengan anggaran sebesar Rp1,4 triliun dari sumber dana APBN sebesar Rp227,9 miliar dan dari non APBN sebesar Rp1,19 triliun.

“Progres konstruksi dengan sumber dana APBN saat ini mencapai 11,01%. Sedangkan pekerjaan konstruksi dengan sumber dana non APBN sudah rampung sejak Mei 2021,” ujar Basuki.(nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *