Terdampak Abu Vulkanik, Peternak Sapi di Boyolali Dibantu Hijauan Pakan dan Pelet Konsentrat

Bantuan pakan ternak dari Kementan RI tiba di Desa Tlogolele, Rabu (15/3/2023). (Foto: Pemkab Boyolali)

Sukoharjonews.com (Boyolali) – Erupsi Gunung Merapi membuat sebagian wilayah di Kabupaten Boyolali digurur hujan abu vulkanik. Terdapat desa di Kecamatan Selo yang terkena abu vulkanik, yakni Desa Tlogolele, Klakah dan Desa Jrakah. Kondisi tersebut membuat stok tanaman khususnya pakan ternak semakin menipis karena masih terdapat abu sehingga tidak layak untuk dikonsumsi oleh ternak.


Sebagai antisipasi, Kementerian Pertanian mengirimkan bantuan pakan ternak ke tiga desa tersebut. Dilansir dari laman Pemkab Boyolali, Kamis (16/3/2023), Kepala Disnakkan Kabupaten Boyolali, Lusia Dyah Suciati, menyampaikan bahwa bantuan dari Kementerian Pertanian berupa hijauan pakan ternak dan konsentrat pelet.

“Kementerian Pertanian sudah ada respons berupa bantuan hijauan pakan ternak tujuh ton yang kami kirimkan hari ini di Tlogolele. Kemudian juga sudah turun bantuan pelet konsentrat dua ton ini tadi saya turunkan di Balai Desa Klakah,” kata Lusi.

Lusi melanjutkan, bantuan akan dilanjutkan dengan pemberian lima ton pelet di Desa Tlogolele dan Jrakah serta satu truk hijauan pakan ternak untuk ternak di Desa Klakah di hari berikutnya. Diharapkan bantuan tersebut dapat memenuhi kebutuhan pakan ternak sejumlah 3.100 sapi dan 650 kambing/domba di wilayah tersebut.


“Dengan hujan abu ini otomatis kesediaan rumput disini terdampak abu dan ini tidak layak untuk dikonsumsi hewan. Sehingga kami harus mengupayakan untuk support bantuan hijau ini terutama untuk menggantikan pakan selama terjadi erupsi ini,” ungkap dia.

Salah satu masyarakat Desa Tlogolele, Susilo mengaku senang mendapatkan bantuan pakan ternak. “Sangat baik karena untuk masyarakat Tlogolele sebagaian besar beternak sapi tidak bisa memberi makan karena memang rumput rumput terkena abu vulkanik Gunung Merapi,” ujarnya.

Sebelumnya, dia terpaksa menggunakan rumput yang terkena abu Gunung Merapi untuk pakan ternak miliknya. Namun, sebelum diberikan ke hewan ternak, rumput tersebut dicuci terlebih dahulu sampai bersih yang kemudian diberikan kepada hewan ternak. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *