Tenaga Kesehatan Dijadwalkan Menerima Suntikan Vaksin Sinovac Kedua

Nakes di Sukoharjo dijadwalkan menerima suntikan vaksin corona kedua mulai 8 Februari nanti.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Program vaksinasi corona terus dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK). Saat ini, DKK tengah menyiapkan pemberian vaksin Sinovac kedua untuk tenaga kesehatan. Vaksin Sinovac diketahui membutuhkan dua dosis yang disuntikkan dalam interval dua minggu atau 14 hari.



“Pemberian vaksin kedua untuk nakes dijadwalkan mulai 8 Februari nanti. Seperti diketahui untuk vaksin Sinovac memang membutuhkan dua dosis,” ujar Kepala DKK Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, Sabtu (6/2/2021).

Dikatakan Yunia, vaksin dosis pertama bertujuan untuk memicu respons kekebalan awal, sedangkan dosis kedua (booster) untuk menguatkan respons imun yang telah terbentuk sebelumnya. Antibodi akan optimal setelah 14-28 hari suntikan kedua dilakukan.

Setelah vaksinasi, ujar Yunia, nakes tetap mematuhi 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak serta hindari kerumunan, dan mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir.

Untuk tenaga kesehatan (nakes) sendiri dijadwalkan akan mendapat suntikan vaksin kedua pada 8 Februari nanti. “Untuk para nakes pastikan hadir pada jadwal suntikan kedua vaksinasi corona untuk mewujudkan kekebalan komunitas,” tambah Yunia.

Seperti diketahui, nakes di Sukoharjo mendapatkan suntikan vaksin pertama pada 25 Januari lalu. Nakes menjadi sasaran prioritas untuk pemberian vaksin corona. Setelah itu barulah dilanjutkan pada warga secara umum dimana sesuai data ada 579.681 orang. Terdiri dari nakes 6.896 orang, pelayanan publik 224.489 orang, masyarakat umum dan pelaku ekonomi 196.910 orang, serta lansia 112.935 orang. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 3 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed