Ragam  

Tebar Benih dan Pelatihan Olah Ikan, Upaya Dongkrak Konsumsi Ikan di Sukoharjo

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani saat menebar benih ikan di Desa Juron, Kecamatan Nguter, Sabtu (11/3/2023).

Sukoharjonews.com – Angka konsumsi ikan di Kabupaten Sukoharjo masih rendah. Dalam upaya meningkatkan konsumsi ikan masyarakat, pemerintah berharap partisipasi masyarakat. Salah satunya adalah yang dilakukan oleh Kagama Cabang Sukoharjo yang menggelar bakti sosial menebar benih dan pelatihan olah ikan di Desa Juron, Kecamatan Nguter, Sabtu (11/3/2023).


Terkait kegiatan itu, Bupati menyampaikan apresiasinya kepada Kagama Kabupaten Sukoharjo yang turut andil dalam mengkampanyekan makan ikan bagi masyarakat. “Sektor perikanan mempunyai peranan yang sangat penting dalam membangun perekonomian nasional termasuk perekonomian daerah, karena sektor perikanan berfungsi sebagai penyedia bahan pangan untuk konsumsi masyarakat, ikan hias, rekreasi, pemancingan, penyedia lapangan kerja, serta sumber pendapatan masyarakat,” ungkap Bupati.

Menurutnya, penebaran benih ikan merupakan salah satu cara budidaya ikan, sehingga menjadi sumber alternatif penyediaan ikan. Penebaran benih ikan dalam rangka menjaga ekosistem dan ketersediaan pangan ikan bagi masyarakat sebagai upaya mencukupi kebutuhan protein dan peningkatan konsumsi ikan.

“Angka konsumsi ikan di Kabupaten Sukoharjo masih rendah, untuk itu perlu adanya upaya-upaya peningkatan produksi ikan maupun animo masyarakat dalam mengkonsumsi ikan,” kata Bupati.


Selama ini, lanjutnya, berbagai kebijakan telah dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta peningkatan kesejahteraan pelaku usaha perikanan di Kabupaten Sukoharjo. Antara lain pemberian bantuan sarana dan prasarana perikanan, fasilitasi akses permodalan, pelatihan, inovasi dan teknologi bagi pelaku usaha perikanan.

Bupati berharap dengan penebaran benih ikan dan pelatihan olahan hasil perikanan ini, dapat mendorong dan memberikan stimulan kepada pelaku usaha perikanan untuk tetap melakukan budi daya ikan, menjaga dan meningkatkan jumlah produksi ikan, serta mendukung ketersediaan bahan pangan ikan dan penanganan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sukoharjo,” terang Bupati.

Bupati menambahkan, melalui kegiatan tersebut diharap mampu mendorong peningkatan angka konsumsi ikan di Kabupaten Sukoharjo. Selain itu, dapat mendorong masyarakat Kabupaten Sukoharjo untuk lebih gemar makan ikan, sehingga gizi masyarakat dapat tercukupi dan masyarakat Kabupaten Sukoharjo menjadi masyarakat yang sehat dan anak-anak balita terhindar dari masalah stunting. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *