Tanda-tanda Lain Hamil Muda Tapi Tidak Merasa Mual

Tanda hamil muda selain mual. (Foto: prenagen)

Sukoharjonews.com – Mual dan muntah adalah salah satu ciri kehamilan yang paling banyak dirasakan oleh ibu hamil. Namun, sebagian orang justru tidak mengalami mual sama sekali saat kehamilan.


Berdasarkan penelitian dari Martha Bustos Ph.D, dkk. Gejala mual dialami oleh 70-80 persen ibu hamil, sehingga masih ada sebanyak 20-30 persen orang yang tidak merasakan mual dan muntah saat hamil.

Jadi kalau Ibu tidak mengalaminya, masih ada ciri-ciri orang hamil tanpa mual lainnya untuk mengenali masa kehamilan. Dikutip dari Mother and Beyond, pada Selasa (2/4/2024), inilah tanda-tanda lain hamil muda tanpa merasa mual:

1. Mudah Merasa Lelah
Jika Anda tiba-tiba mudah merasa lelah atau mengantuk padahal baru tidur, Anda mungkin sedang hamil. Kelelahan merupakan salah satu tanda awal kehamilan. Dalam 2 minggu pertama pembuahan, janin akan menggunakan hampir seluruh kalori yang ada dalam tubuh, sehingga membuat energi Anda jadi cepat habis.


2. Penciuman Lebih Sensitif
Kadar hormon pada ibu hamil muda akan meningkat dengan cukup drastis. Meningkatnya kadar hormon ini membuat indra penciuman Anda menjadi lebih sensitif. Anda mungkin bisa merasa mual jika mencium aroma nasi yang sedang dimasak di rice cooker atau bahkan bau suami Anda.

3. Nafsu Makan Berubah
Saat hamil muda, energi Anda akan terkuras karena banyak diserap oleh janin, sehingga membuat Anda jadi lebih cepat merasa lapar meski pada saat ini belum muncul keinginan atau ngidam makanan tertentu. Sebaliknya, pada beberapa kasus, ibu hamil malah bisa mengalami kehilangan nafsu makan. Hal ini terjadi karena peningkatan kadar hormon bhCG.

4. Sakit Punggung
Jika Anda tidak pernah mengalami pegal di punggung dan tiba-tiba merasakannya, bisa jadi Anda tengah hamil. Saat hamil, ligamen akan melebar untuk mempersiapkan tempat bagi janin untuk tumbuh dan berkembang. Ini yang membuat punggung Anda akan terasa pegal. Sayangnya, rasa sakit ini bisa berlangsung selama masa kehamilan.


5. Sering Buang Air Kecil
Di masa awal kehamilan, rahim Anda akan membesar dan hal ini akan mendorong kandung kemih. Kondisi tersebut akan membuat Anda jadi lebih sering membuang air kecil. Meskipun Anda akan kerepotan karena harus bolak-balik kamar mandi, jaga selalu agar tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik dengan cukup mengonsumsi air putih ya.

6. Perubahan Suasana Hati
Anda tiba-tiba merasa jengkel kepada suami, padahal ia hanya duduk menonton televisi atau Anda menangis tanpa alasan yang jelas. Saat hamil, hormon hCG meningkat dan membuat Anda mudah lelah. Hal ini memicu perubahan mood secara drastis.

Yang perlu diperhatikan, jika Anda mengalami ciri-ciri tersebut, hal itu bukan juga jaminan Anda sudah pasti hamil. Untuk memastikannya, Anda perlu menjalani tes kehamilan terlebih dahulu dan berkonsultasi dengan dokter.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *